Pendampingan Kader SMD

 


Pagi yang cerah. Jumat bersih tepatnya tanggal 02 Desember 2021. Saya bersama teman-teman puskesmas kelurahan Gelora berangkat menuju pos RW 2. Lokasinya persis bersebelahan dengan kantor Gramedia, Kompas. Kami menaiki sepeda motor menuju lokasi. Disana kami telah ditunggu oleh kader posyandu dan petugas kelurahan Gelora.

Setibanya di pos RW 2, kami pun masuk dan disambut para kader kelurahan. Acara dibuka dengan kata sambutan dari kelurahan RW 02. Temanku, Yuni dan Suci maju ke depan dan duduk di tempat yang telah disediakan. Aku lebih senang duduk di belakang, mengambil foto dan memfasilitasi para ibu kader yang berusaha membuka link QRIS pada hpnya masing-masing.

Bu Yuni mensosialisasikan Survei Mawas Diri (SMD) secara digital dengan menggunakan google form. Aku beserta temanku melakukan pendampingan kepada ibu kader membuka dan mengisi google form. Tampak pada gambar kedua, para ibu kader berusaha membuka link google form dengan menggunakan QRIS. Terlihat kader kelurahan mengalami kesulitan saat membuka google form. Lalu aku berinisiatif untuk menulis alamat link google form pada hpku dan membagikannya pada temanku, Yuni. Tentunya akan lebih terbantu membuka google form melalui alamat yang dibagikan whatsapp (WA), tanpa perlu mengetik ulang link google form. Caraku ternyata sangat bermanfaat, para kader tidak mengalami kesulitan ketika hendak membuka link isian google form.




Setelah selesai sosialisasi survei mawas diri (SMD), kami pun terbagi menjadi beberapa kelompok. Kami pergi bersama kader dan kelurahan ke rumah-rumah warga. Aku terpilih melayani pendampingan kader di RT 05. Sayangnya tidak ada kader, jadinya petugas kelurahan yang dikerahkan. Kami pun turun bersama-sama dengan kegiatan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dan survei pengolahan limbah rumah tangga. Setiap rumah tangga yang kami datangi juga dilakukan pemeriksaan jentik nyamuk dan wawacara baik survei limbah dan mawas diri yang dilakukan secara bergantian.

Selesai dari kunjungan ke rumah warga, kami berangkat ke pasar. Di pasar palmerah, ada warga gelora yang berjualan. Kami datang dari satu tempat ke tempat lain. Kami menanyakan isi survei mawas diri baik dari segi promosi kesehatan, kesehatan lingkungan dan layanan kesehatan puskesmas Gelora. Cukup banyak pertanyaannya dan membutuhkan waktu sekitar 5 menit-an. 



Diakhir pertanyaan, warga diminta untuk membuat pesan untuk puskesmas kelurahan Gelora. Ada warga yang bersedia menyatakan agar pelayanan puskesmas semakin baik. Setelah laporan terkirim, ada ucapan terimakasih pada google form yang sudah terisi lengkap.

Demikian tulisan ini dibuat dengan harapan bermanfaat bagi setiap yang membaca kegiatan lapangan puskesmas.


Salam sehat,
Dahlia Lidia Silitonga



Comments

Popular posts from this blog

Mimpi Punya Laptop Asus

Hujan di bulan Desember

Tematik: Poster Menjaga Kebersihan