Exploring Genially for Interactive Presentation



Hari Sabtu pada tanggal 26 Juni 2021, saya berkesempatan mengikuti workshop presentasi interaktif bersama AISEI, PSSDM dan Kelas Kreatif. Saya mendaftar dan masuk grup untuk mengetahui informasi segala hal mengenai workshop tersebut. Motivasi mengikuti workshop tersebut tak lain karena saya tertarik dengan aplikasi yang digunakan. Saya ingin memiliki pengetahuan dan keterampilan untuk menggunakan aplikasi baru selain menggunakan Canva supaya metode pengajaran kepada siswa lebih bervariasi, interaktif dan menyenangkan.

Saya membaca pesan dari grup tersebut kemudian saya mengikuti langkah demi langkah. Mulai dari mendaftar aplikasi genially hngga bertanya di grup memastikan aplikasi genially sudah terdaftar seperti gambar di bawah ini. Setelah terdaftar tentu akan memudahkan praktek pembelajaran workshop.

Materi pertama disampaikan oleh bu Cicin. Beliau mengenalkan genially dengan membuka aplikasi berbasis web bernama app.genial.ly. Saya sudah menyiapkannya sebelum workshop dimulai. Beliau menampilkan sebuah video singkat dari sebuah link aplikasi berbasis web bernama genially. Judul video beliau adalah "Music to My Ears". Link genially tersedia di bawah ini:

https://view.genial.ly/60d39a9277b2c110074e7ab8/interactive-content-aisei-26

Saya terpesona melihat hasil karyanya yang menarik, gambar bergerak-gerak. Bu Cicin mengajarkan teknik memberikan background, mengenalkan tool yang digunakan satu per satu seperti animation, text dsb, cara memasukkan video youtube dan interactivity. Saya menyimak sambil mencoba apa yang diajarkannya. Langkah demi langkah harus dilakukan secara bertahap dan sabar.


Pembicara kedua juga tak kalah seru, pak Gema Setiawan. Beliau memberikan yel-yel, kalau ditanya are you there? jawabannya raise hand. Kata kunci beliau adalah "First impression is important". Memulai tahun ajaran baru perlu disiapkan sesuatu yang baru dan menimbulkan ketertarikan peserta didik kepada gurunya salah satu melalui fitur yang ada pada aplikasi genially. Beliau menampilkan slide presentasi perkenalan singkat.

Saya tak ragu menanyakan langsung kepada beliau dengan bertanya. Saya ingin memiliki presentasi singkat seperti yang dicontohkannya. Kelebihan genially bisa dibagikan secara unsinkronus, tak perlu didownload hanya cukup share link saja maka peserta didik bisa membuka kapan dan dimana saja.

Saya mengikuti setiap langkah yang diajarkan dari mulai awal hingga akhir. Saya mengikuti arahan pak Gema dengan membuat 3 slide presentasi perkenalan singkat. Satu per satu slide saya buat dengan kreativitas. Pada akhirnya saya berhasil memiliki presentasi perkenalan singkat dengan aplikasi genially di bawah ini. Presentasi singkat akan saya gunakan memasuki tahun ajaran baru.

https://view.genial.ly/60d6d97fbb8af70feb2ddf79/interactive-content-untitled-genially

Terimakasih bu Cicin, pak Gema, AISEI, PSSDM dan Kelas Kreatif sudah berbagi hal yang bermanfaat bagi kami insan pendidik dan berbagi juga melalui tulisan pada blog ini.

#PSSDM#AISEI#KelasKreatif$TeachingwithTechnology#GemaAugustSetiawan#CicinKuraesin




Penulis,

Dahlia L. Silitonga

Comments

Popular posts from this blog

Tematik: Ayo, Membuat Kolase Bebek!

Mimpi Punya Laptop Asus

Amazing animals