Pembelajaran PBL Daring
Pembelajaran project based learning (PBL) dalam jaringan (daring) yang dilakukan dari rumah bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Mulai dari kesiapan jaringan murid dan guru, identifikasi masalah, menganalisa masalah hingga membuat konsep jawaban. Pembelajaran berbasis projek memiliki tantangan tersendiri karena baik guru dan murid dituntut untuk mampu memahami permasalahan yang ada dan mencari berbagai referensi online.
Kreativitas penyelesaian masalah dan berpikir kritis sangat berperan, misalnya jika kita diperhadapkan dalam situasi memilih antara pilihan A dan B maka kita harus mampu menentukan kriteria yang tepat untuk mencapai sebuah tujuan terukur. Kemampuan menulis akan terasah karena proses berpikir kritis yang dilatih. Pembelajaran berbasis projek merupakan proses latihan berpikir kreatif dan kritis dalam menyelesaikan masalah kehidupan keseharian yang dijumpai.
Pembelajaran berbasis projek dalam jaringan juga dituntut kerajinan dan ketekunan baik guru dan murid. Tidak boleh ada yang malas untuk mencari referensi atau menulis konsep jawaban. Peran guru sebagai fasilitator adalah memprovokasi siswa untuk berpikir kritis melalui pertanyaan-pertanyaan yang diajukan kepada siswa sesuai konteks. Siswa bisa bertanya kepada guru atau mencari referensi terpercaya online. Interaksi pembelajaran dalam jaringan menjadi hal penting yang dilakukan Dengan demikian pembelajaran berbasis projek menjadi pembelajaran yang bermakna.
Sumber gambar: Ivan Lanin wordpress
Salam merdeka belajar,
Dahlia
Comments