Posts

Yukk, mengenal kalimat perintah anak anak

Image
Pembelajaran tematik Bahasa Indonesia hari ini, anak anak kelas 2 SD Nation First School belajar mengenal kalimat perintah dalam teks percakapan dan teks cerita. Pertama, guru mengenalkan pengertian kalimat perintah, ciri ciri kalimat perintah, manfaat kalimat perintah serta makna kalimat perintah. Setelah itu barulah masuk latihan soal. Sambil menjawab soal, sambil berdiskusi. Ada anak yang cepat paham, ada anak yang harus berulang ulang diajarkan.  Kemampuan setiap anak berbeda dan disinilah peran guru dan orangtua amat menentukan untuk kemajuan anak untuk memahami kalimat perintah dalam konteks menjaga kerukunan di sekolah. Penggunaan kalimat perintah sering kita temukan dalam kehidupan sehari hari. Menuliskan kalimat perintah pun diajarkan supaya mereka selalu ingat dengan akhiran -lah atau -kan dan tanda baca seru (!). Dalam bahasa lisan, kita sering menggunakan kalimat perintah dengan intonasi yang tinggi namun kalimat perintah haruslah diucapkan dengan bahasa yang sopan

Ayo, merawat kebersihan gigi

Hari ini, anak anak kelas 1 SD Nation First School belajar tematik sub tema 3: Aku merawat tubuhku. Pembelajaran dimulai dari aturan menjaga kebersihan tubuh di rumah. Aku mengajak anak anakku untuk berpikir kegiatan apa saja yang dilakukan di rumah untuk menjaga kebersihan diri ada yang menjawab mandi, gosok gigi, mencuci tangan, mengganti pakaian, menyisir rambut dsb. Jawaban mereka menunjukkan pemahaman merawat kebersihan diri di usianya. Lalu aku membagikan video dan presentasi materi pembelajaran hari ini dengan bernyanyi mengenal anggota tubuh: kepala, pundak, lutut, kaki. Aku pun membagikan video 6 langkah cara mencuci tangan di masa pandemik karena di buku hanya 4 langkah. Aturan merawat kebersihan diri dimulai dari merawat kebersihan tubuh, gigi, kulit, telinga dan mata. Satu per satu bagian aku bagi menjadi beberapa pertemuan di rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Penilaian diambil dari keterampilan portofolio dan penugasan anak dalam bentuk cerita maupun vide

Mendokumentasikan Kegiatan dengan Menulis di Blog

Image
Hari ini, komunitas penulis AISEI mengadakan webinar online ke-7 bersama Om Jay dan pak Dedi Dwitagama. Pendahuluan dibuka terlebih dahulu dengan perkenalan oleh Bu Capri dan Bu Dea. Hari ini tidak ditampilkan materi presentasi. Pembicara menyampaikan materi webinar dengan bercerita menulis peristiwa melalui pengalaman hidupnya. Dengan menulis, beliau memiliki pengalaman menjadi pembicara ke seluruh nusantara. Konsistensi penulisan adalah hal yang sangat penting. Sesi tanya jawab, interaksi dua arah pun dibuka oleh pak Dedi dengan dimodetari bu Dea: 1. Pertanyaan dari bu Fahriyani: Apakah ada buku tips utk menjadi guru karena sistem pendidikan sekarang peran orangtua sangat penting? Tidak ada buku tips keefektifan PJJ namun berusahalah menaruh empati kebutuhan anak 2. Pertanyaan dari ibu Harum Handayani: Bagaimana terkait kehebohan program POP? Program yang konsepnya tidak terlalu mengena sasaran dan cenderung tidak baik. 3. Pertanyaan dari bu Ismi: Cara menulis di

Amazing animals

Pembelajaran hari ini, kami belajar Science, "Amazing Animals". Sebelum memulai pembelajaran virtual hari ini kami menonton video dari UK Education resources. Murid muriku sangat antusias mendengar video ini melalui link gmeet. Selesai menonton video, kami melanjutkan ke pembelajaran di text book dengan meminta mereka untuk mengamati gambar 4 habitat yang ada di buku dan menjawab pertanyaan, misalnya: binatang apa yang terlihat, dimana tempat tinggal mereka dan bagaimana mereka bertahan hidup. Sambil berdiskusi, satu per satu pertanyaan tersebut dijawab. Terkadang pertanyaan anak tanpa kita duga dan guru harus siap dengan pertanyaan murid. Jika kita tidak tahu sebaiknya tidak terburu buru memberikan jawaban. Mencari jawaban yang tepat dan benar dari sumber terpercaya. Pembelajaran ditutup dengan membuat kesimpulan dan dicatat dalam buku agenda anak. Ya, amazing animals adalah kalimat yang tepat untuk menggambarkan luar biasanya ciptaan Tuhan. Berbeda karakteristik

Pembelajaran Tematik Mengenal Warna Suara

Image
Pembelajaran tematik kemarin, siswa siswi kelas 1 SD Sekolah Nation First belajar mengenal warna suara, dimulai dengan kegiatan apersepsi terlebih dahulu melalui sebuah cerita. Ketika kita mendengar sebuah lagu dengan diiringi piano dan gitar, tentu kita bisa membedakan mana suara piano atau gitar, nah itulah yang dinamakan warna suara. Dari definisi wikipedia pun, guru menyampaikan pengertian warna suara. Kegiatan selanjutnya, guru meminta murid untuk merekam suaranya dan teman lain menebaknya, ternyata semua murid mampu mengenal warna suara teman teman sekelasnya yang berbeda beda. Anak anak senang menebak dan menuliskan jawabannya. Ketika mengisi latihan soal, mereka mampu menjawabnya dengan benar dan menirukan bunyi suara piring berbunyi, suara binatang bahkan dengan polosnya seorang anak mampu menirukan suara benda abang tukang es. Pembelajaran tematik haruslah disampaikan dengan metode menarik dan meningkatkan antusis belajar siswa tentunya dengan pendampingan oran

Penerapan Workshop Digital Tools di Kelas Maya

Image
Pembelajaran Matematika hari ini, aku menerapkan materi yang ku dapatkan dari workshop menggunakan aplikasi digital yaitu papan tulis. Kalau selama ini kita mengenal papan tulis konvensional di kelas maka hari ini kita akan belajar Matematika dengan menggunakan papan tulis digital di kelas maya, pasti seru ya, tidak bisa melihat pekerjaan teman, fokus ke depan. Awalnya, kita akan merasa kesulitan memakai beragam tools tetapi kalau sudah pertama mencoba dan dibiasakan pasti akan menyenangkan. Ada alat pensil, penghapus, penggaris segitiga yang semuanya tersedia dan bisa digunakan sesuai kebutuhan pembelajaran Matematika. Pasti banyak orangtua yang mengeluh di awal, semua masukan pasti diterima dengan baik tetapi inilah yang namanya pembelajaran terintegrasi Komputer dengan pembelajaran lain. Walaupun tidak semua orangtua pasti dapat menerimanya. Selamat belajar dan mencoba, Dahlia L. Siltionga

My Wonderful Body

Image
Hari ini, kami belajar Science mengenai "My Wonderful Body" , saya menampilkan gambar di atas kepada murid saya foto ketika berkunjung ke museum organ tubuh di kota Malang, Jawa Timur. Saya bersyukur bisa memiliki pengalaman langsung benar benar berada di dalam tubuh manusia dan melihat dekat betapa besar dan ajaibnya organ tubuh yang bekerja di dalam tubuh kita. Tak pernah ada terlintas bahwa hari ini saya akan membagikan pengalaman tersebut ke anak didik saya. Saya memulainya dengan kegiatan apersepsi dengan gambar dari buku seorang anak yang berlari dan saya menanyakan fungsi organ apakah yang bekerja maka di situlah saya mulai mengajarkan organ jantung tepat di sebelah kanan gambar di atas. Kemudian saya melanjutkan dengan gambar kedua seorang anak yang sedang makan dan fungsi organ apakah yang berperan. Lalu saya mulai menanyakan pertanyaan kritis untuk mengajak anak berpikir seperti apakah sama gerakan jantung orang yang berlari dan duduk, darimana kit