Ayo, merawat kebersihan gigi


Hari ini, anak anak kelas 1 SD Nation First School belajar tematik sub tema 3: Aku merawat tubuhku. Pembelajaran dimulai dari aturan menjaga kebersihan tubuh di rumah. Aku mengajak anak anakku untuk berpikir kegiatan apa saja yang dilakukan di rumah untuk menjaga kebersihan diri ada yang menjawab mandi, gosok gigi, mencuci tangan, mengganti pakaian, menyisir rambut dsb. Jawaban mereka menunjukkan pemahaman merawat kebersihan diri di usianya.

Lalu aku membagikan video dan presentasi materi pembelajaran hari ini dengan bernyanyi mengenal anggota tubuh: kepala, pundak, lutut, kaki. Aku pun membagikan video 6 langkah cara mencuci tangan di masa pandemik karena di buku hanya 4 langkah. Aturan merawat kebersihan diri dimulai dari merawat kebersihan tubuh, gigi, kulit, telinga dan mata. Satu per satu bagian aku bagi menjadi beberapa pertemuan di rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP).

Penilaian diambil dari keterampilan portofolio dan penugasan anak dalam bentuk cerita maupun video, salah satunya video menggosok gigi. Anak anak tampak senang membuat video ketika hendak tidur, tak lupa menggosok gigi supaya tidak ada kuman dan gigi tetap sehat. Jadi, pengetahuan dan keterampilan, mereka dapatkan.

Salam sehat anak anakku,

(Dahlia L. Silitonga)

Comments

Wijaya kusumah said…
ayo dirawat gigimu dengan menggosok ggi setiap hari
ya, betul omjay sakit gigi lebih tidak enak daripada sakit hati wkkkk...terima kasih sudah berkunjung omjay, :)

Popular posts from this blog

Tematik: Ayo, Membuat Kolase Bebek!

Mimpi Punya Laptop Asus

Amazing animals