Peran Teknologi Dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Indonesia






Peran Teknologi Dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Indonesia

oleh Dahlia, SKM

Guru tematik kelas 2 SD Nation First School



 Aku pernah berpikir bagaimana caranya supaya pembelajaran kosakata ini menjadi menyenangkan dan tidak monoton. Karena pasti meminta anak mencari arti kosakata di kamus KBBI online. Aku mulai mencarinya melalui website google dengan mengetikkan pertanyaanku. Aku menemukan satu cara yang menarik menggunakan aplikasi Quizlet.

Aku mencoba aplikasi ini terlebih dahulu bertema kebudayaan malam sebelum mengajar. Kemudian aku membagikan tautan Quizlet melalui google classroom kepada anak-anak didikku. Pertanyaan bertema kebudayaan akan otomatis keluar dari aplikasi dan setiap jawaban yang kita pilih akan keluar respon benar atau salah. Dan jika salah menjawab maka akan keluar respon kamu perlu belajar lagi. Dalam proses belajar, jawaban salah atau benar adalah hal yang lumrah karena yang terpenting adalah pemahaman anak terhadap makna kosakata tersebut.

Keesokan harinya pada pagi hari aku membuat pengumuman di WAG kelasku. Pengumuman kepada orangtua murid materi pembelajaran hari ini dan tugas yang akan dikumpulkan. Materi pembelajaran sudah tersedia di google classroom maupun folder pengumpulan tugas membuat cerita menggunakan kosakata bertema budaya kerukunan beragama. Aku menuliskan ketentuan pengiriman tugas dan batas akhir pengumpulan tugas melalui WAG kelas. Google classroom dan WAG merupakan sentuhan teknologi yang digunakan dalam pembelajaran tematik disamping aplikasi Quizlet.

Aku berencana memasukan Quizlet di awal pembukaan pembelajaran tematik hari ini namun karena waktu 10 menit sudah terpakai dengan kegiatan kreativitas chapel maka aku pun tidak sempat membuka Quizlet di awal pembelajaran. Namun aku sudah membagikan tautan Quizlet melalui google classroom. Aku berharap murid-muridku mencoba aplikasi Quizlet. Pada pembelajaran tematik sebelumnya, kami sudah pernah mencobanya. Anak-anak didikku terlihat sangat antusias belajar kosakata melalui aplikasi Quizlet.

Pada hari Senin, tanggal 12 Oktober 2020, kami belajar tematik Bahasa Indonesia. Pembelajaran tematik diambil dari tema 3 sub tema 3: tugasku sebagai umat beragama. Pendalaman materi menggunakan kosakata untuk membuat cerita bertema budaya kerukunan beragama. Aku meminta semua anak didikku untuk membuka halaman 50 dan 51. Kemudian salah seorang muridku membaca halaman 50. Varell, muridku bertanya makna kata toleransi. Karena dalam materi pembelajaran dituliskan kosakata: keberagaman, agama, ibadah, toleransi dan menghargai.

Sebelum menjawab pertanyaan muridku. Aku meminta kembali salah seorang muridku untuk membacakan sebuah cerita berdasarkan kosakata yang dicetak tebal. Dari pemahaman cerita yang sudah dibacakan barulah aku menjelaskan makna kosakata toleransi. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), toleransi adalah sifat atau sikap toleran. Lalu aku menghubungkannya dengan bacaan cerita bertema budaya kerukunan beragama adalah sikap saling menghargai. Penjelasanku tersebut bisa diterima oleh muridku, Varell.

Kami melanjutkan mengerjakan soal latihan berupa dua gambar di buku tematik bersama-sama. Kedua gambar tersebut memiliki percakapan antara dua orang murid bernama Fitri dan Jonas. Gambar pertama, Fitri menanyakan kemana Jonas akan pergi lalu Jonas pun menjawab pergi beribadah ke gereja. Gambar kedua, Fitri mengucapkan selamat beribadah Jonas dan Jonas pun membalas, terima kasih, Fitri.

Dari percakapan tersebut, ada lima kosakata yang diminta dalam soal latihan. Aku mengajak muridku untuk mencari kelima kosakata tersebut. Terjadilah interaksi yang menarik sampai kami akhirnya menemukan kelima kosakata. Dari lima kosakata yang sudah ditemukan, aku menuliskan makna setiap kosakata kemudian meminta muridku untuk membuat kalimat masing-masing kosakata.

Dari kelima kalimat akan tersusun menjadi sebuah cerita bertema budaya kerukunan beragama. Pertama, aku membuat bentuk pengerjaan soal menggunakan Ms.Word. Kedua, aku mengubah file Ms Word menjadi file berformat pdf. Dan terakhir, ku bagikan file pdf ini melalui WAG kelas. Adapun bentuk hasil pengerjaan menggunakan kosakata untuk menulis cerita sebagai berikut:

Kosakata

1.   Beribadah: menjalankan perintah agama

2.   Toleransi: saling menghargai

3.   Rukun: tidak bertengkar

4.   Menghormati: menaruh hormat kepada (orangtua, teman, guru dsb)

5.   Agama: keyakinan atau kepercayaan

Ket:

Jika sudah memahami makna kosakata, tidak perlu dituliskan makna kosakata.


Kalimat

1.   Cinta beribadah ke masjid.

2.   Quinny dan Cinta selalu menjaga sikap saling toleransi.

3.   Walaupun berbeda agama, mereka hidup dengan rukun dan gembira.

4.   Quinny menghormati ibadah Cinta di masjid.

5.   Mereka memiliki agama yang berbeda.


Cerita

 Keberagaman Agama di Kelas 2 SD

 

Quinny dan Cinta adalah siswi di kelas 2 SD. Mereka memiliki agama yang berbeda. Cinta beribadah ke masjid. Quinny dan Cinta selalu menjaga sikap saling toleransi. Ketika Cinta pergi beribadah ke masjid, Quinny menghormati ibadah Cinta di masjid. Walaupun berbeda agama, mereka hidup dengan rukun dan gembira.

 

  http://gurupenggerakindonesia.com


Profil Penulis



        Dahlia Lidia Silitonga, anak pertama dari empat bersaudara. Lahir di Jakarta 27 Januari 1985. Menempuh pendidikan dasar pada tahun 1991-1997 di SDN Batan Indah, Tangerang Selatan, Banten. Dilanjutkan ke tingkat SMP di tahun 1997-2000 dan menyelesaikan pendidikan SMU pada tahun 2003. Melanjutkan pendidikan di Universitas Sumatera Utara, Medan dengan mengambil jurusan Kesehatan Masyarakat. Saat ini aktif menulis di blog dan mengikuti kursus bersertifikat Teach for Reach dari The Geneva Learning Foundation di bidang Imunisasi. Selain itu menjadi anggota di Boost Leadership Program. Memiliki kecintaaan terhadap kesehatan dan pendidikan. Saat ini aktif di gereja sebagai guru sekolah minggu kelas Balita 1. Selain mengajar di sekolah saat ini penulis aktif dalam kegiatan bahasa Inggris dari British Council Indonesia, AISEI Writing Club batch 2 bersama Bu Rita Wati serta ibadah ceria online. Email: dahlia.silitonga@ymail.com. No.WA: 08892554793 Blog: https://dahlia belajar menulis.blogspot.com.

 


Comments

Siti Halimah said…
Keren sekali Bu Dahlia...

Popular posts from this blog

Tematik: Ayo, Membuat Kolase Bebek!

Mimpi Punya Laptop Asus

Amazing animals