Kesiapan Guru Selama Pembelajaran Jarak Jauh



Hari ini anak anak belajar IPA mengenai tumbuhan yang menguntungkan dan merugikan. Sebelum memulai pembelajaran online, guru mengulang pembelajaran sebelumnya land and water plants. Guru menanyakan materi sebelumnya kepada beberapa anak terpilih untuk memastikan apakah mereka masih mengingatnya sebelum masuk ke materi selanjutnya. Ternyata masih ada anak yang mampu menjawab dengan baik.
Ketika masuk ke materi selanjutnya, mereka diminta untuk mengamati gambar di buku serta berdiskusi untuk menjawab soal di buku teks. Pembelajaran IPA akan semakin menarik ketika guru mempresentasikan contoh daun tumbuhan mangga dan gulma yang berbeda untuk memberi gambaran konkret tumbuhan bermanfaat dan berbahaya.
Guru pun harus siap dengan pertanyaan anak yang tak terduga bahkan kondisi yang tak terduga ketika jaringan internet tiba tiba terputus. Rencana kedua ialah dengan memberikan kuis Science melalui WAG kelas dan membahasnya ketika sambungan jaringan wifi kembali stabil. Sikap yang tenang dan sabar merupakan pilihan yang tepat menyikapi kondisi yang tidak diinginkan. 

salam literasi,

(Dahlia L. Silitonga)

Comments

Popular posts from this blog

Tematik: Ayo, Membuat Kolase Bebek!

Mimpi Punya Laptop Asus

Amazing animals