Mini lokakarya online: teknologi digital penilaian formatif



Hari ini tiba juga kelas pak Dadan, belajar menggunakan teknologi digital penilaian formatif. Sambil menunggu kelas dimulai, menyempatkan waktu membuat kue bolu kesukaan jadinya terlambat masuk kelas dan ikut dari link you tube.

Seperti biasa ada bu Capri dan bu Eka yang mendampingi, ada pembagian kelompok, sesi diskusi namun tidak diikuti sepenuhnya. Dalam mini lokakarya ini juga dibagikan materi presentasi yang memudahkan peserta untuk mengikuti setiap bagian pembelajaran (1-11). Sungguh bermanfaat yang didapatkan hari ini, di masa pandemik teknologi menjadi solusi pembelajaran daring yang interaktif.

Alat digital evaluasi formatif yang digunakan dalam lokakarya hari ini bermacam macam ada vocaroo, edpuzzle, whiteboard, google drive. Semua digital tool ini menarik dipelajari dan gratis tentunya hanya kita perlu selektif, alat evaluasi mana yang tepat digunakan. Kita juga harus mempertimbangkan penerimaan orangtua siswa dan kebijakan sekolah bila ingin digital tool ini kita gunakan dalam penilaian formatif daring di kelas.




Itulah sedikit gambaran lokakarya yang sudah saya ikuti hari ini, aplikasinya mungkin belum saat ini mengingat budaya dan kebijakan sekolah namun saya bersyukur bisa mengikuti lokakarya ini hingga tuntas. 

Sampai bertemu dua minggu lagi, rekan rekan.


salam literasi,


Dahlia L. Silitonga

Comments

Meynia said…
Selamat berkarya Bu... Semangat belajar
terima kasih, bu dan pak, :)

Popular posts from this blog

Tematik: Ayo, Membuat Kolase Bebek!

Mimpi Punya Laptop Asus

Amazing animals