Pembelajaran Daring dan Luring yang Efektif dan Menyenangkan


Hari ini kami melakukan pembelajaran berkelanjutan menulis secara daring dengan om Jay dan AISEI. Pembelajaran daring yang efektif dan menyenangkan di masa pandemi Covid 19 merupakan hal yang kontekstual karena permasalahan yang sama dari sabang sampai merauke. Kondisi ini memaksa insan pendidik untuk melakukan pembelajaran daring dari rumah serta anak didik belajar dari rumah.

Tips yang diberikan om Jay untuk pembelajaran dalam jaring daring mulai dari belajar menulis menggunakan whatsapp group, aplikasi zoom, live you tube channel, membuat buku digital melalui blog.com atau wordpress.com, menyiapkan bahan pembelajaran mandiri, kolaborasi design pembelajaran (RPP) dengan digital tools yang tepat dan pendampingan orangtua.

Adapun karakteristik dalam pembelajaran daring adalah kestabilan akses internet baik oleh guru dan murid. Pentingnya guru sebagai arsitek dan sutradara untuk menyajikan pembelajaran daring yang efekti dan menyenangkan. Pengajar sebagai arsitek harus mampu berpikir secara sistematis, inovatif dan kreatif dalam menyampaikan materi pembelajaran, mengenali gaya belajar anak didik dan berkolaborasi. Pengajar sebagai sutradara harus mampu membuat skenario film berupa pembelajaran yang efektif dan menyenangkan. Dan yang terpenting adalah melibatkan interaksi anak dalam setiap pembelajaran atau istilah om Jay "One man shows".

Kesimpulan adalah baik pembelajaran daring dan luring adalah 4C "Creativity, Critical thinking, Communication and Collaboration. Dan terangkum di dalam slide di akhir webinar hari ini  4 prinsip solusi permasalahan pembelajaran terkini. 


Salam literasi 
#AISEI#AISEIWRTITING#OMJAY#PENERBITANDI

Dahlia L. Silitonga.



Comments

Popular posts from this blog

Tematik: Ayo, Membuat Kolase Bebek!

Mimpi Punya Laptop Asus

Amazing animals