Belajar Bahasa Inggris dan Mandarin dari Rumah




Hari Sabtu, 26 September 2020, aku mendapatkan kesempatan belajar bahasa Inggris dan Mandarin dari rumah bersama Rumah Edukasi dan Ms. Cecilia Ong. Acaranya menggunakan media daring, zoom dan diikuti 160 peserta dari seluruh Indonesia. Kami sangat antusias mengikuti pembelajaran bahasa walaupun tidak semua berlatar belakang guru bahasa Inggris atau Mandarin.

Pembelajaran bahasa Inggris dibuka oleh Ms.Cecilia Ong dengan menanyakan motivasi kami mengikuti webinar hari ini melalui chat zoom. Ms. Cecilia Ong adalah salah satu presenter acara di Metro TV. Beliau juga berkolaborasi membentuk media pembelajaran 4 bahasa online (Indonesia, Inggris, Mandarin dan Jepang) bernama www.cakap.com. Ms. Cecilia Ong mengajarkan kami melafalkan beberapa merk terkenal dengan tepat. Satu persatu nama kami dipanggil, namaku pun terpanggil melafalkan merk "Hermes", karena masih kurang tepat maka Ms. Cecilia meminta beberapa peserta untuk mencoba lagi. Aku pun tak menyerah lalu ku buka kamus mencari cara pelafalan yang tepat rupanya pelafalan "Hermes" huruf H tidak ikut dilafalkan. Terlihat sederhana namun pelafalannya/pronounciation tidak mudah. Harus sering berlatih.

Selesai pembelajaran Bahasa Inggris, kami masuk ke pembelajaran Mandarin. Sebelumnya, aku pernah mengikuti kursus Mandarin namun karena tidak digunakan, akhirnya lupa. Ini adalah momen yang tepat, untuk mengingat kembali melafalkan huruf vokal dan konsonan Mandarin. Kami sungguh beruntung belajar Mandarin dari Ms. Cecilia Ong yang dengan sabar mengulang membacakan huruf vokal dan konsonan satu persatu dan menunjuk peserta untuk turut membacanya juga. Selesai belajar membaca huruf vokal dan konsonan, Ms. Cecilia Ong juga mengajar kami mengenal karakter huruf dan filosofi karakter huruf Mandarin. Salah satunya seperti kata Nan (male) di bawah ini



Tak terasa waktu cepat berjalan, belajar bahasa sangat menyenangkan. Di penghujung acara ada sesi tanya jawab juga dan kami diminta mengisi form feedback. Penawaran kesempatan belajar bahasa melalui media pembelajaran online www.cakap.com. Aku pun mulai berpikir untuk lebih serius belajar bahasa Mandarin yang tentunya sudah menjadi kebutuhan saat ini.

Mari berbagi, mari menginspirasi,
Salam literasi

(Dahlia L. Silitonga)

Comments

Popular posts from this blog

Tematik: Ayo, Membuat Kolase Bebek!

Mimpi Punya Laptop Asus

Amazing animals