Guru Penangkal Hoax: Unduh Yang Sehat, Unggah Yang Bermanfaat


Hari ini pertemuan terakhir menulis bersama Om Jay dan AISEI Club Writing. Total jumlah kehadiran peserta yang masih setia hingga di akhir pertemuan ada sekitar 30 orang. Tema menulis hari ini cukup menarik tentang hoax. Materi hari ini disampaikan oleh Kang Jaro, teman Om Jay. Acara dibuka dengan curah pendapat mengenai hoax. Seperti yang kita ketahui bersama hoax sudah sering kita jumpai saat ini melalui media sosial, WAG dll. Maka kita perlu sekali untuk menyaring sebelum berbagi. Bagilah apa yang kita ketahui itu pasti baik dan benar terhadap sesama.

Hoax menurut KBBI memiliki pengertian informasi bohong (fake news). Bagaimana kita mengenali hoax biasanya menciptakan kecemaran dilihat dari judul dan pengantarnya provokatif, sumbernya tidak jelas, pesannya menyerang, memanfaatkan fanatisme agama dan memberikan penjudulan yang kemudian disebarluaskan. Adapun 3 isu hoax yang paling banyak dijumpai adalah dari sosial politik, SARA dan kesehatan.



Situs hoax yang perlu diwaspadai, misalnya: penerimaan pegawai di salah satu RS Swasta yang meminta sejumlah bayaran melalui situs yang tidak resmi maka kita perlu melaporkan kepada pihak yang berkompeten. Ciri-ciri situs hoax memiliki ciri-ciri diantaranya:



Tips menghindari hoax adalah pertajam cara berpikir kritis dengan literasi buku bacaan. Kolaborasi dengan komunitas anti hoax serta edukasi anti hoax di komunitas. Ingatlah ada UU No. 11 thn 2008 bagi barangsiapa yang menyebarluaskan berita hoax. Tepat slogan yang dikatakan Kang Jaro: Unduh yang sehat dan unggah yang bermanfaat.


Salam literasi,
Dahlia L. Silitonga



Comments

Rita Wati said…
Mantap bu Dahlia, semangat berbagi!
Mari bijak akan informasi. No hoax

Popular posts from this blog

Tematik: Ayo, Membuat Kolase Bebek!

Mimpi Punya Laptop Asus

Amazing animals