Belajar Flipgrid dan Nearpod

 


Hari ini aku menyempatkan diri mengikuti webinar teknologi pendidikan bersama kelas kreatif dengan narasumber hebat bu Roslina dan pak Trisnendri. Kebetulan hari ini aku ada acara keluarga di Jakarta, jadi sepenuhnya webinar ini diikuti dengan menggunakan handphone dan aku mencermati baterai hpku yang masih memungkinkan untuk bertahan hidup minimal sampai di pertengahan webinar. Suara musik pesta nikah adat Batak yang terdengar keras membuatku tidak bisa mendengar dengan baik penjelasan kedua narasumber hanya aku mengamati layar handphone setiap penjelasan narasumber mulai dari membuat akun flipgrid dan nearpod dengan menggunakan gmail hingga mengirimkan hasil karya video melalui aplikasi interaktif flipgrid. 

Sebelumnya aku sudah pernah mengenal nearpod dari pengajar juga sama, pak Trisnendri. Aku sudah punya akun nearpod. Aplikasi nearpod tersedia secara gratis. Nearpod mirip dengan Canva untuk membuat slide presentasi secara online hanya fungsi Nearpod lebih beragam bisa untuk audio dan video. Sangat menarik dan interaktif. Tentunya guru diminta untuk berinovasi dan kreatif menyiapkan materi pembelajaran supaya muridnya senang belajar dan terinspirasi.

-- powerful teachers are those you not only teach but also inspire the students--
Inspirational Quotes for Teachers




Hanya hal yang baru bagiku adalah flipgrid. Dari penjelasan bu Roslina mulai dari membuat akun flipgrid dan cara posting video flipgrid terlihat sangat menyenangkan dan sederhana (gambar di bawah). Aplikasi pembelajaran interaktif flipgrid juga tersedia gratis atau berbayar. Flipgrid biasa digunakan untuk membuat video pembelajaran secara jarak jauh.



Satu jam ku ikuti webinar teknologi pendidikan hanya sayang tak sampai dengan sesi foto bersama maka dengan berat hati, aku keluar dari zoom. Walaupun tidak ikut berfoto bersama, aku bersyukur bisa mengenal flipgrid dan mengulang pembelajaran nearpod kembali. File tutorial beserta flipgrid ada dibagikan di grup, aku buka file tersebut kemudian aku membaca dan menulis pengalaman mengikuti webinar teknologi pendidikan hari ini.

Salam literasi digital,
Dahlia Lidia S

#PSSDM#AISEI#KelasKreatif
#TeachingwithTechnology#RoslinaSawitri#TrisnendriSyahrizal



Comments

Pak D Susanto said…
Terima kasih resume nya, menggelitik utk membuka kembali jika ada link YouTube atau nanti coba coba sendiri
ya, pak D, menarik materinya, pak pasti ada youtube AISEI ditunggu ya, pak D, terima kasih.

Popular posts from this blog

Tematik: Ayo, Membuat Kolase Bebek!

Mimpi Punya Laptop Asus

Amazing animals