Integrating Tool in Lesson Plan Workshop


Hari ini aku mendapatkan kesempatan belajar lagi dari PSSDM dengan tema "Integrating tool in lesson plan workshop". Acara workshop ini dibuka oleh bu Capri dari PSSDM dengan menjelaskan peraturan kelas dan resume pak Dadan sebagai narasumber workshop. Kelas workshop ini dihadiri oleh 89 peserta namun terus bertambah hingga diakhir mencapai 98 peserta dari berbagai daerah di Indonesia. Digital tool merupakan suatu kebutuhan di masa pandemik Covid 19. Guru dituntut untuk semakin kreatif dalam menyampaikan materi pembelajaran secara virtual.

Sebelum kegiatan dimulai pak Dadan membagikan materi presentasinya melalui Microsoft Sway. Untungnya saya sudah memiliki aplikasi ini sebelumnya. Kegiatan pertama selayaknya berada di sebuah kelas virtual dibuka dengan kegiatan apersepsi melalui menjawab pertanyaan di zoom chat. Ternyata semua peserta sangat antusias menjawab. Ada satu orang ibu yang selalu cepat menjawab.

Kegiatan kedua dilanjutkan dengan membagi kelompok untuk berdiskusi melalui break out room zoom mengenai komponen apa saja yang ada dalam suatu lesson plan. Saya terpilih secara random di kelompok 10 bersama ibu Sri, ibu Ethol, ibu Anis dan ibu Vivi. Kami berlima berdiskusi mengenai komponen utama RPP dan menuliskannya dalam paddlet. Kami juga membagi siapa yang menjadi ketua dan sekretaris.

Setelah waktu berakhir, kami kembali ke ruangan utama melanjutkan pembelajaran secara virtual. Lalu pak Dadan mengundi kami melalui aplikasi wheelofnames.com untuk melihat siapa yang akan mempresentasikan hasil diskusinya. RPP merupakan persiapan awal yang harus dimiliki guru sebelum memulai pembelajaran terdiri dari beberapa bagian: identitas pembelajaran, tujuan pembelajaran, komponen pembelajaran, langkah langkah pembelajaran dan penilaian (formatif/sumatif)

Pak Dadan juga memperkenalkan kami, aplikasi menti dan google slide (RPP) yang membuat workshop ini semakin menarik. Dalam RPP di google slide ada lagi rupanya aplikasi yang digunakan selama pembelajaran jarak jauh seperti untuk penilaian sumatif menggunakan classmarker.com, kolaboratif dengan siswa menggunakan mindmeister dan permainan menggambar dengan menggunakan aplikasi whiteboard digital.

Wah, ternyata 1,5 jam tak terasa. Workshop ini akan berakhir namun apa yang didapatkan dari workshop ini semoga semakin memperkaya pengetahuan dan keterampilan kita sebagai tenaga pengajar dan pendidik generasi masa depan bangsa di tempat bertugas kita masing masing.


Salam literasi.

(Dahlia L. Silitonga)

Comments

Tulisan Bunda said…
Bu Dahlia keren sudah menulis kegiatan hari ini...
terima kasih bu, :)
Sri Handayani said…
Maju terus bu Dahlia, bersama buku 105 digital tool, belajar dg siswa bisa variatif, menyenangkan

Popular posts from this blog

Tematik: Ayo, Membuat Kolase Bebek!

Mimpi Punya Laptop Asus

Amazing animals