Memimpin di Masa Disruptif


Memimpin di masa disruptif adalah kepemimpinan yang dibutuhkan di masa dan setelah pandemi. Kepemimpinan di masa disruptif adalah kepemimpinan adaptif (adaptive leadership). Populisme sebagai bahaya kepemimpinan terbesar di masa pandemi.

Kepemimpinan adaptif adalah apa yang dibutuhkan anda di saat saat seperti: tanpa memiliki peta dan anda harus menuntun kelompok anda menuju sebuah kenyataan di masa depan tidak sama dengan dunia di belakang anda. Tidak ada rencana, tidak ada peta yang diikuti, tidak ada keahlian di masa silam yang bisa digunakan untuk memimpin dan dipimpin. 

Sebaliknya, sang pemimpin harus memiliki ketenangan dan keberanian untuk mengakui kondisi mereka saat ini. Pernyataan seorang pemimpin: Saya tidak tahu adalah sebuah kesadaran untuk merefleksikan situasi pandemi. Dan kemudian memulai proses belajar, menghadapi kehilangan dan menavigasi nilai nilai yang bersaing menjadi jantung dari kepemimpinan adaptif (leadership for a time of pandemic: Tod Bolsinger).

Kepemimpinan adaptif adalah kepemimpinan berkarakter yang memiliki nilai nilai ketahanan (resilience), persahabatan (friendship) dan melambat (slowing down). Kepemimpinan yang mewariskan nilai nilai kepada pengikutnya untuk bertahan dalam masa pandemi, bersahabat dengan semua orang dan menyadari masa pandemi sebagai suatu masa yang tidak dapat diprediksi.

Profleksi dan prolepsis adalah dua kata yang memiliki keterkaitan masa depan yang tidak bisa diprediksi dan masa lampau yang tidak bisa dijadikan acuan. Inilah kondisi yang menggambarkan pandemi. Riskan, ketidakpastian di masa depan dan memerlukan keberanian untuk melangkah tanpa adanya pembelajaran di masa lampau. Semua institusi menjadi a new start up yang memulai dari km 0 karena situasi pandemi dan memerlukan kepemimpinan adaptif.

Marilah kita melangkah dalam kepemimpinan adaptif.

Salam literasi.


(Dahlia L. Silitonga)




Comments

Rita Wati said…
Mantap bu dahlia istilahnya membuat saya search engine

Popular posts from this blog

Tematik: Ayo, Membuat Kolase Bebek!

Mimpi Punya Laptop Asus

Amazing animals