Bimbingan pembelajaran tematik



Hari ini sekolah kami mendapatkan kunjungan dari bapak Supardi selaku pengawas sekolah. Kami mendapatkan kehormatan dan kesempatan bimbingan pembelajaran tematik bermakna dari beliau. Pertemuan di awal tahun ajaran baru merupakan strategi jitu untuk memulai menyiapkan pembelajaran tematik dari rumah.

Beliau membuka pertemuan dengan sebuah senyuman dan memaparkan presentasi umpan balik dari orangtua mengenai pembelajaran selama home learning semester lalu. Beliau tentu mengharapkan dari umpan balik ini akan ada peningkatan kualitas pembelajaran jarak jauh. Dari sinilah, beliau mulai memaparkan kegiatan pembelajaran jarak jauh di saat PSBB yang masih berlanjut di semester satu ke depan. Kegiatan pembelajaran jarak jauh terbagi menjadi 3: pembukaan, inti dan penutup.

1. Kegiatan pembukaan: dimulai dengan absensi, doa, tujuan pembelajaran melalui kompetensi dasar dan apersepsi secara virtual
2. Kegiatan inti: sebaiknya kurang dari 15% guru menjelaskan, interaksi berupa tanya jawab, diskusi, demonstrasi dan ice breaking sangat dianjurkan. Pemberian tugas pun sebaiknya dibuat kesepakatan pengumpulan tugas.
3. Kegiatan penutup: membuat kesimpulan atau rangkuman dari pembelajaran dan menginformasikan kegiatan yang akan dilakukan ke depan dan ditutup dengan doa. 

Tak lupa, beliau memaparkan administrasi guru berupa pemetaan kompetensi dasar (tema, sub tema dan kegiatan pembelajaran), prota, prosem, jadwal pembelajaran, perhitungan nilai KKM dan RPP 1 halaman. Beliau menyarankan untuk menggunakan rubrik penilaian untuk mengukur keterampilan siswa dalam bentuk produk atau projek.  

Tematik terdiri dari beberapa mata pelajaran dan terkesan memberatkan namun bila dipersiapkan dengan baik serta disampaikan dengan cara menyenangkan tentunya akan menghasilkan pembelajaran bermakna.

Di akhir kegiatan, rupanya pak Pardy berulang tahun hari ini. Beliau terkesima ketika kami memberikan kue ulang tahun kepadanya. Dengan mata berkaca kaca, beliau terharu. Kami mengetahui tanggal ulang tahun beliau dan merayakannya secara sederhana tentunya dengan mengikuti protokol kesehatan.



salam literasi,

(Dahlia L. Silitonga)


Comments

Keren... tertib adminstrasi...

Popular posts from this blog

Tematik: Ayo, Membuat Kolase Bebek!

Mimpi Punya Laptop Asus

Amazing animals