Masa Orientasi Siswa di Era Pandemik Covid 19


Masa orientasi siswa di era pandemik adalah masa yang sulit. Mengapa dikatakan sulit? Hari pertama ke sekolah, biasanya disambut dengan sukacita, anak anak masuk ruangan kelas baru dengan suasana baru, teman baru, sepatu baru, tas baru dll. Tetapi tahun ajaran ini, anak anak masih tetap di rumah walaupun dengan berpakaian seragam tentunya suasananya akan berbeda.

Belum lagi, orangtua yang mendampingi pastinya mereka juga bekerja dan mau tak mau harus mendampingi anak atau mempercayakan anaknya kepada anggota keluarga lain untuk didampingi. Mengajarkan mute unmute micropphone, mengaktifkan kamera. Anak anak perlu diajarkan dan dilatih supaya bisa mandiri.

Terkadang ada rasa kesal juga dihati kala sikap orangtua yang tidak memahami kendala teknis jaringan internet yang tidak stabil. Sesuatu yang tidak dapat diprediksi dan tidak diinginkan siapa pun. Masa sulit pandemik sepatutnya kita saling memahami dan bekerja sama untuk satu tujuan, anak anak mendapatkan haknya untuk menuntut ilmu dan gembira mengikuti pembelajaran home learning dan guru pun demikian.

Marilah kita sambut tahun ajaran baru ini dengan harapan baru. Tetap semangat dan bersukacita dalam kondisi pandemik. Semua pasti berlalu dan selalu ada hikmat Tuhan tersembunyi dibalik pandemik Covid 19, mungkin belum sekarang kita menyadarinya.....


Dahlia L.. Silitonga

Comments

Capri Anjaya said…
Semangat sambut tahun ajaran baru, bu Dahlia!! Stay positive!
Wijaya kusumah said…
selamat mengikuti kebiasaan baru dan berada di kelas maya secara virtual

Popular posts from this blog

Tematik: Ayo, Membuat Kolase Bebek!

Mimpi Punya Laptop Asus

Amazing animals