Pembelajaran Daring di Era Normal Baru



Sengaja saya memilih gambar dari tulisan ini, kalimat powerful dari Ki Hajar Dewantara sebagai Bapak Pendidikan Nasional. Hari ini, komunitas penulis bersama om Jay, bu Capri serta di moderatori oleh bu Dea, kami melakukan diskusi dan berbagi pengalaman pembelajaran daring di era normal baru bersama rekan rekan guru dari berbagai tempat di Indonesia.

Pembelajaran jarak jauh dalam jaringan selalu ada tantangan mulai dari ketersediaan akses berupa jaringan internet, kuota dan peralatan. Kesiapan hp atau laptop yang dimiliki murid, keseriusan belajar dan penyajian pembelajaran yang menarik kepada siswa. Pembelajaran daring juga bukan merupakan satu satunya jalan di masa pandemik, pemerintah juga menyediakan pembelajaran laring melalui TV, radio yang bisa diakses selain di kota besar. Memodifikasi pembelajaran laring dan daring pun merupakan metode yang disarankan untuk pendidikan PAUD.

Tentunya untuk melakukan pembelajaran daring di era normal baru, guru dituntut harus menguasai teknologi pembelajaran online sperti platform pengajaran: zoom, gmeet, webex dll. Digital literasi merupakan kemampuan pendidik untuk menyerap dan menyampaikan informasi yang tepat kepada komunitas pembelajar. Menjadi pembelajar yang inspiratif dan menjadi teladan bagi murid muridnya. Ada 8 point yang disebutkan dalam digital literasi.



Video pembelajaran webinar keenam dari AISEI :


Salam literasi,

Dahlia L Silitonga




Comments

Popular posts from this blog

Tematik: Ayo, Membuat Kolase Bebek!

Mimpi Punya Laptop Asus

Amazing animals