Mengelola pembelajaran dari rumah PSSDM







Hari ini aku mengikuti workshop dari PSSDM bertema mengelola pembelajaran dari rumah dengan narasumber bu Capri Anjaya. Tepat pukul 9.30, aku masuk kelas virtual seperti halnya masuk ruang kelas. Pembelajaran pertama dimulai dengan video apersepsi membuat origami milenial bergandeng tangan dengan tutorial video youtube. Sesuatu hal yang menarik hanya tidak ada pengulangan video karena waktu yang terbatas jadi, harus pintar pintar menyimak dan mempraktekkan dengan cepat.

Ada juga narasumber lain, pak Dadan mempraktekkan dengan mengajak peserta turut serta berpartisipasi seperti mengisi menti, menggambar online, menulis dan menjawab pertanyaan. Mengajar online memerlukan sentuhan kreativitas dan media yang tepat.

Perubahan pola pembelajaran menjadi online merupakan tantangan di era pandemik. Sebagai makhluk yang humanis maka kita dituntut untuk mampu beradaptasi. Adaptasi tentu memerlukan proses dan pembelajaran terus menerus. Sekolah atau yayasan, guru, murid dan orangtua memerlukan dukungan satu sama lain untuk mencapai tujuan yang sama.

Beberapa tips juga diberikan bu Capri untuk guru baik guru itu sebagai teladan, harus membuat peraturan tertulis, variasi media e-learning, ajakan study skill siswa, tugas harus jelas dan tertulis dan beri feedback (umpan balik).

Inilah sharing pembelajaran dari webinar yang ku dapatkan hari ini, terima kasih bu Capri dan tim, :)


Salam literasi,

(Dahlia L. Silitonga)

Comments

Mantap mari kita beradaptasi dr perubahan yg ada
Unknown said…
Sangat interaktif
Sri Handayani said…
Harus bisa beradaptasi ya bu dahlia
Siti Halimah said…
Selalu jadi yg terdepan kalau menulis bu Dahlia, apa tipsnya Bu sehingga kalau selesai webinar bisa langsung nulis keren? Serius nanya Ibu.. .
ditulis dulu bu di notes, point penting lalu dikembangkan bu halimah, terima kasih bu, :)
thank you for your kind feedback,:)

Popular posts from this blog

Tematik: Ayo, Membuat Kolase Bebek!

Mimpi Punya Laptop Asus

Amazing animals