Absensi online (Google Form)

Serpong, 13 Mei 2020

Hari ini, saya belajar membuat absensi murid dengan menggunakan form google. Saya belajar dari rekan guru yang sudah terlebih dahulu mengetahui caranya. Ternyata tidak susah, kita perlu memiliki akun gmail, sign in lalu kita masuk ke google form dan memilih menggunakan akun pribadi dengan mendesain pertanyaan yang relevan untuk absensi murid seperti nama, tanggal kehadiran, alasan ketidakhadiran lalu klik kirim hanya di pertemuan awal, saya tidak menginformasikan kepada murid murid saya dan mereka pun tidak ada yang bertanya.

Diakhir pembelajaran hari ini, saya memeriksa hasil respon yang sudah dimasukkan oleh murid-murid saya melalui orangtua mereka masing masing, ternyata melebihi jumlah murid dan itu berarti ada 1 murid yang melakukan absensi sampai dengan 3 kali, untungnya bisa di edit dan dikomunikasikan kembali ke orangtua murid supaya besoknya, cukup sekali absen saja.

Itulah sedikit pengalaman pembelajaran absensi online dengan menggunakan google form yang lebih praktis, mudah diaplikasikan dan bisa dipindahkan langsung ke Excel dan disimpan sebagai bentuk laporan absensi siswa hari ini, :)

Comments

Rachmat Fuadi said…
Mantap Bu Dahlia, tetap semangat Bu. Semangat Solidaritas dan Sehat Selalu

Popular posts from this blog

Tematik: Ayo, Membuat Kolase Bebek!

Mimpi Punya Laptop Asus

Amazing animals