Yukk, belajar matematika dengan model

Serpong, 15 Mei 2020


Apa yang terpikirkan ketika kita mendengar kata Matematika

Matematika itu pelajaran yang menakutkan, sulit, gurunya galak dsb masih ada anak yang berpikir demikian. Disinilah tantangan kita sebagai guru bagaimana membuat matematika itu menjadi pelajaran yang menarik, disenangi anak dan kontekstual. Matematika itu menjadi bagian dari kehidupan sehari hari dan bukan hanya sekedar teori berhitung di atas kertas. 
Umumnya kita belajar matematika dengan cara menjumlahkan, mengurangkan, mengalikan dan membagi dengan cara yang lazim kita gunakan dan kita teruskan ke anak anak kita baik di sekolah dan di rumah namun ada satu metode yang menarik yaitu, mengajar dengan model matematika menggambar dengan kotak sederhana yang mewakili kuantitas dan bisa dilakukan untuk operasi penjumlahan, pengurangan, mengalikan dan membagikan.
Disini anak anak belajar untuk memahami sebuah permasalahan yang ada dalam konteks permasalahan sehari hari dan menyederhanakan dengan logika berpikir, misalnya: Saya memiliki Rp. 1.000,- , hari ini terpakai Rp. 200, berapakah sisa uang saya? Kita pasti akan langsung berpikir dengan menggunakan penjumlahan atau pengurangan ke bawah tetapi dengan matematika model, kita belajar membuat suatu kotak yang mewakili uang Rp. 1000 dan kotak di bawah yang mewakili Rp. 200 dan dari perbedaan 2 kotak itulah kita akan menemukan hasilnya. Strategi yang digunakan pertama tama adalah dengan menyembunyikan angka terlebih dahulu baru masuk ke dalam pengertian soal. Proses mengenali bentuk soal lalu membuat model dan kalimat untuk menjelaskan nilai hasil yang didapat. Kira kira seperti itulah gambaran sederhananya.
Belajar matematika dengan model juga membutuhkan kesabaran dalam mengajarkan dan melatih anak anak dan melatih  proses berpikir sejak dini mulai dari berpikir contoh konkret di kelas kecil dan lama lama belajar berpikir abstrak. Belajar matematika dengan metode model adalah hal yang menyenangkan karena melatih nalar dan proses berpikir anak anak yang divisualisasikan dengan menggambar sebuah model yang mewakili kuantitas.
Selamat mencoba belajar matematika dengan model, teman teman bagi yang berminat.

Comments

Capri Anjaya said…
Siap mencoba matematika dg model..
Terus menulis bu Dahlia. .
Wijaya kusumah said…
Tmatematika itu menyenangkan
terima kasih bu sudah berkunjung ke blog saya bu, :)

Popular posts from this blog

Tematik: Ayo, Membuat Kolase Bebek!

Mimpi Punya Laptop Asus

Amazing animals