Menunjukkan sikap pembelajar dan menjadi manusia pembelajar



Rasanya kata belajar tidak pernah asing di telinga kita, namanya belajar selalu identik dengan bangku sekolah atau pendidikan formal mulai dari tingkat TK sampai kuliah S1, S2, S3 dsb. Kita akan bangga dengan segudang sertifikat yang kita raih di bangku sekolah tentunya yang akan mendukung kehidupan ekonomi kita di hari depan namun sesungguhnya menunjukkan sikap pembelajar itu bukan hanya berbicara mengenai nilai atas kertas atau pun selembar sertifikat tetapi juga karakter yang kita bangun, biasakan dan mejadi nilai yang kita anut. 

Menunjukkan sikap pembelajar juga dimulai dari pendidikan di rumah, dalam kehidupan sehari hari, bagaimana menyikapi suatu permasalahan. bagaimana mau mendengar, berkomunikasi dengan baik yang kebanyakan ilmunya tidak kita peroleh di bangku kuliah. Sikap pembelajar juga harus bersedia dengan rendah hati belajar dari temannya yang lebih unggul darinya.Sikap pembelajar juga mau belajar mendapatkan pengetahuan dan ilmu ilmu baru yang bermanfaat.

Lantas apa maksudnya menjadi manusia pembelajar atau pembelajar sejati adalah manusia yang tidak hanya belajar dari bangku kuliah atau text book yang tebal namun belajar dari pengalaman dan realitas kehidupan sebenarnya. Ukuran manusia pembelajar bukan dari banyaknya gelar akademik tetapi dari karakter, mental dan kontribusinya kepada pemecahan masalah di bidangnya masing masing. Menjadi manusia pembelajar juga memiliki sifat sifat unggul di dalam dirinya mulai dari rasa ingin tahu yang besar, belajar dari kegagalan, berbagi ilmu pengetahuan dan pengalaman, rendah hati dan keberanian mengatakan hal yang benar. Menjadi manusia pembelajar juga merupakan proses sepanjang hidup kita.

Sudahkah kita memiliki sikap pembelajar dan siap menjadi manusia pembelajar?
Mari kita menjawab tantangan ini di dalam diri kita masing-masing
Selamat menjadi manusia pembelajar sejati.
Salam literasi

Dahlia L. Silitonga

Comments

Capri Anjaya said…
Setuju dengan manusia pembelajar...
Salam literasi
sy setuju dua duanya bu, karena menunjukkan sikap pembelajar itu semestinya kita lakukan sbg pengajar dan pendidik bu dan menjadi manusia pembelajar itu sejalan dengan sikap pembelajar bu, :)

Popular posts from this blog

Tematik: Ayo, Membuat Kolase Bebek!

Mimpi Punya Laptop Asus

Amazing animals