Belajar tanpa batas


Serpong, 22 Mei 2020


Jika dahulu belajar itu selalu dikaitkan dengan pergi ke sekolah atau ke kampus, maka dengan menyimak video youtube Smart-Learning dari kedua Professor, alumni universitas di Amerika, maka pola berpikir kita akan menjadi lebih luas. Siapa yang tidak menyangka bahwa kondisi pandemik akan memaksa kita untuk berubah dari cara belajar konvensional menjadi berbasis digital hanya dengan laptop dan jaringan internet.



Belajar tanpa batas hingga filosofi setiap nafas hidup kita juga adalah belajar. Belajar bisa dimana saja, kapan saja dan dengan siapa saja. Belajar dari kehidupan tanpa dibatasi oleh dinding kelas, belajar tanpa mengenal waktu pagi, siang atau malam sepanjang dilakukan dengan hati gembira. Gaya belajar pun bermacam macam dan selalu berubah setiap waktu, sumber belajar pun tidak harus dari guru tetapi dari berbagai sumber terpercaya dan relevan bahkan pengalaman hidup pun bisa menjadi sumber belajar. Itu yang kita ambil dari perspektif murid.

Bagaimana dari perspektif guru atau dosen, tentunya kita pun harus beradaptasi dengan kemajuan zaman dan teknnologi, kemampuan pedagogy kita bukan lagi berdasarkan bahan ajar saja tetapi semestinya bersifat kontekstual (based on student needs). Kemampuan pedagogy guru atau dosen juga harus sejalan dengan kemampuan penggunaan teknologi E-learning. Karena itu guru atau dosen harus selalu meng-update informasi dan pengetahuan, seni mengajarkan bahan materi yang diampunya dengan menggunakan E-learning yang menyenangkan.

Mari terus belajar hingga hayat, kawan. Salam literasi.

Dahlia L Silitonga


Comments

Popular posts from this blog

Tematik: Ayo, Membuat Kolase Bebek!

Mimpi Punya Laptop Asus

Amazing animals