New Learning: Principles and Patterns of Pedagogy

Semalam menghabiskan waktu belajar pedagogi secara online dari coursera. Coursera merupakan platform online pembelajaran beraneka ragam disiplin ilmu dari berbagai kampus di seluruh dunia yang tersedia baik secara gratis atau berbayar. Saya mengetahui tentang coursera dari salah satu teman saya ketika dia mengambil kuliah master di Universitas Indonesia (UI).

Kali ini saya sengaja memilih materi pedagogi karena menyadari latar belakang pendidikan saya dari non keguruan. Awalnya saya belajar mengenal kurikulum dari Coursera. Kurikulum ibaratnya adalah jantung dari pembelajaran. Dokumen yang tersusun secara sistematis guna mendukung proses pembelajaran di kelas. Saya belum menyelesaikan pembelajaran hingga minggu ke-6. Saya berencana menyelesaikan secara paralel bersamaan dengan pedagogi.

Kursus yang saya ikuti mengenai "New Learning: Principles and Patterns of Pedagogy. Kursus ini diasuh oleh Dr. William Cope dan Dr. Mary Kalantzis (Illinois University). Pembelajaran dilakukan secara online selama empat minggu. Setiap minggu diakhir pembelajaran selalu ada tugas peer graded assignment dan review peers. Jadi, kita akan mengerjakan tugas yang mana teman sekelas kita yang akan memberi penilaian tentunya dengan kriteria yang sudah ditentukan. Seperti pensil menajamkan pensil, manusia menajamkan sesamanya.

Saya sudah menyelesaikan materi di minggu pertama, orientasi kursus. Saat ini saya masih berjuang menyelesaikan materi minggu kedua. Saya baru menyelesaikan video pembelajaran kelima dari delapan video yang tersedia. Saya senang memperhatikan cara mengajar Dr. William Cope dan Dr. Mary Kalantzis. Mereka sangat menguasai apa yang mereka ajarkan. Pengajaran disampaikan dominan menggunakan gesture (anggota tubuh) terlihat jelas dalam menyampaikan materi pembelajaran seperti menerangkan bahwa mengajar itu sebagai sebuah profesi, pekerja seni dan berpikir secara ilmuwan. Membedakan konsep pembelajaran, kurikulum dan pendidikan secara gamblang.






Itulah gambaran dari pembelajaran kursus New Learning: Principles and Patterns of Pedagogy. Semoga bermanfaat bagi setiap orang yang membaca.


Salam literasi digital,

Dahlia L. Silitonga

Comments

Popular posts from this blog

Tematik: Ayo, Membuat Kolase Bebek!

Mimpi Punya Laptop Asus

Amazing animals