Grammar Workshop


Hari Selasa, tgl 09 Juni 2020, saya mengikuti Grammar Workshop online bersama British Council. Saya sangat antusias mengikuti workshop ini agar semakin paham akan pentingnya peranan grammar dalam berkomunikasi. Pertama, sebelum mulai workshop ada semacam pre test untuk melihat kemampuan tata bahasa peserta melalui suatu website. Setelah itu peserta diajak masuk ke ruang utama untuk saling berinteraksi. Kami diajarkan untuk menyederhanakan tata bahasa dengan konsep yang mudah dipahami melalui logika berpikir dari sebuah cerita.

Pada dasarnya grammar bahasa Inggris dibedakan menjadi 2: past and present dengan 2 aspek progressive and perfect aspects. Dalam bahasa Inggris, aspek adalah informasi yang didapatkan dari sebuah kata kerja yang tidak berhubungan dengan waktu. Aspek hanya menjelaskan apakah suatu kegiatan itu sudah atau belum selesai. Lalu kita mengkombinasikan 2 grammar dan 2 aspek dalam suatu konteks kalimat (contoh di bawah ini). Sungguh suatu hal menarik untuk dipelajari.

The Progressive Aspects:
Present: I am reading this article now.
Past: I was sleeping last night at 11 pm.

The Perfect Aspects:
Present:I have had lunch so now I am full.
Past: I had always liked teaching so I decided to major in Education.


Setelah menyimak penjelasan dari Sir Angga, kami dikelompokkan menjadi beberapa kelompok untuk saling berdiskusi dan disinilah kesempatan untuk berkolaborasi dan bertukar pikiran. Lalu di akhir workshop, kami diberikan post test dan feedback link serta sertifikat.

Semoga akan ada lagi kesempatan berjumpa dengan British Council di acara dengan tema lain untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris khususnya untuk para guru. Dan pengetahuan yang didapatkan dari workshop hari ini bisa bermanfaat untuk hari depan dan menjadi berkat bagi sesama.


salam literasi.


Dahlia L. Silitonga

Comments

Terimakasih ilmunya Bu Dahlia
Pensil Ajaib said…
wah mantap ini, bermanfaat bu
sama sama bu Komang dan pak Pensil, :)

Popular posts from this blog

Tematik: Ayo, Membuat Kolase Bebek!

Mimpi Punya Laptop Asus

Amazing animals