Home based learning bersama National Geographic




Hari ini aku mengikuti webinar bagaimana sekolah menyiapkan penunjang pembelajaran jarak jauh yang efektif bersama National Geographic. Acaranya hanya berlangsung 1 jam dari jam 10.00-11.00 WIB. Dipandu langsung oleh Sir Andrew, guru dari salah satu sekolah di New Zealand dan semua materi disampaikan dalam bahasa Inggris.

Program pembelajaran jarak jauh yang mampu menunjang efektivitas belajar mengajar pada masa pandemik Covid 19 memang sangat diperlukan. Kita tahu bahwa model pembelajaran jarak jauh online menimbulkan banyak perbedaan emosi, metode dan penilaian yang dilakukan oleh guru dan ini tentunya tidak mudah untuk semua murid dan orangtua.

Kita perlu membangun hubungan interpersonal dengan murid kita seperti mengetahui murid kita, memberikan dukungan, pujian, ramah dan menunjukkan personalisasi pelajaran kita sangat dibutuhkan. Karena kita belajar online tentunya akan berbeda dengan pembelajaran tatap muka. Adapun tips yang diberikan untuk efektivitas belajar online antara lain: Materi, Interaksi dan Penilaian.

Materi tentunya harus didukung dengan rencana pembelajaran diantaranya tujuan yang ingin dicapai dan langkah langkah pembelajaran dengan menggunakan lesson plan template. Cara untuk menggabungkan penyampaian materi pembelajaran dari bentuk video, foto, permainan, lagu dan projek, presentasi tidak hanya bersumber dari satu buku merupakan hal yang menarik.

Interaksi saat pembelajaran online sangat diperlukan, upayakan agar pembelajaran itu menarik untuk disampaikan, tetaplah tersenyum di depan kamera zoom, berikan instruksi yang jelas dan jangan panik adalah kunci utama ketika sesuatu yang buruk terjadi misalnya saja koneksi internet terputus tiba tiba.

Penilaian merupakan bagian terpenting dari pembelajaran online dibedakan menjadi dua: sumatif dan formatif. Dalam memberikan penilaian, kita perlu menuliskan instruksi soal yang jelas dan harapan yang ingin kita capai dari penilaian tersebut. Penilaian bisa dilakukan melalui kertas tertulis atau digital dan berikan waktu pengumpulan dengan jelas.

Wah, hari ini aku beruntung mendapatkan ilmu yang bermanfaat dari webinar yang ku ikuti berkat undangan dari teman sekolahku. Aku sangat bersyukur.

Salam literasi.


Dahlia L.Silitonga

Comments

Sri Handayani said…
Keren bu dahlia..pinter bhs Inggris,...q pinterx bahasa Jawa😷
Capri Anjaya said…
Terima kasih atas catatannya.. .
Keep sharing.. .
sure, bu Capr, thank you for visiting bu, :)
Sy sedikit tahu bahasa jawa, bu mungkin sy akan belajar dari ibu, :)

Popular posts from this blog

Tematik: Ayo, Membuat Kolase Bebek!

Mimpi Punya Laptop Asus

Amazing animals