Mari bermain dengan magnet



Tepat hari Rabu, tgl 04 Juni 2020, aku sengaja menyusun ujian akhir semester pelajaran IPA adalah menyiapkan video mengajar magnet yang didesain dengan sekreatif mungkin di kelas 2 SD. Setelah 3 kali pertemuan belajar magnet secara online tentunya aku sangat mengharapkan ada yang anak anak didikku pahami dan ketahui kegunaan magnet di dalam kehidupan mereka sehari hari. Magnet bisa kita jumpai dalam keseharian kita dan tanpa kita sadari, misalnya saja bagian belakang kartu bank yang kita miliki dan pada penutup tas.

Siapa yang tidak tertarik melihat suatu benda dapat ditarik oleh benda lain atau suatu benda yang menolak untuk ditarik. Itulah magnet, sebuah benda ajaib yang memiliki kekuatan untuk menarik atau menolak suatu benda tertentu tanpa kita sentuh. Pembelajaran magnet pun bisa dikemas dengan menarik melalui percobaan sederhana dengan menggunakan benda benda sekitar yang berada di rumah.

Dari hasil ujian anak anak didikku berupa video, aku pun belajar bahwa ternyata tidak semua benda yang terbuat dari logam bisa ditarik oleh magnet dan dibalik selembar kertas pun bila kita letakkan magnet ternyata bisa menarik sebuah benda yang terbuat dari logam.Ternyata kita perlu membuktikan asumsi kita dengan melakukan uji sederhana apakah benar atau tidak asumsi kita. Semua berbasis based on evidence. Senang rasanya melihat kreativitas anak didikku. Mereka berhasil memberikan inpirasi bagiku dan menampilkan sebuah pelajaran magnet yang berkesan yang tentunya akan mereka ingat selalu.

Salam literasi.


Dahlia L. Silitonga



Comments

sy sudah coba pak, terima kasih pak.

Popular posts from this blog

Tematik: Ayo, Membuat Kolase Bebek!

Mimpi Punya Laptop Asus

Amazing animals