Webinar menjadi guru yang hebat


Hari sabtu yang cerah, aku mengikuti undangan webinar yang di adakan oleh bu Capri dari AISEI, awalnya tidak berniat ikut karena pekerjaan rumah di hari sabtu tetapi tiba tiba akun WAku sudah dimasukkan di dalam WAG, ya akhirnya aku masuk juga walau pun tidak mendaftar sebelumnya. Terlambat masuk sudah di bagian no. 2 Tips menjadi guru yang hebat, lalu ku ambil buku kecil catatanku dan ku tuliskan tips menjadi guru yang hebat.

Tips 1: menjadi guru itu harus bahagia dari mendengar ulasan dari bu Capri dan blog teman, dipikir pikir benar juga menjadi guru itu harus bahagia supaya menyampaikan materi pun menyenangkan dan tujuan pembelajaran pun tercapai. Guru bahagia, murid bahagia dan orangtua pun yang mendampingi ikut bahagia.

Tips 2:  PerSIAPan, menjadi guru tentunya harus menyiapkan bahan ajar, metode yang akan digunakan dan sebaiknya tertulis di dalam RPP dan syllabus sebelum kegiatan pembelajaran di mulai.

Tips 3: FoKus pada SISWA, semua yang kita siapkan tentunya berfokus pada kebutuhan dan relevansi siswa di dalam kehidupan sehari hari. Kebutuhan setiap siswa juga berbeda beda, gaya belajarnya pun berbeda beda tentunya metode guru pun harus beragam bisa secara visual, audio, kinestetik dsb. Apalagi di masa pandemik, media pembelajaran online seperti google classroom, facebook, youtube bisa kita manfaatkan untuk menyampaikan materi pembelajaran dengan menarik menggunakan fitur fitur yang ada.


Tips 4: Outcome, dibedakan menjadi 2: anak didik hendak melanjutkan studi atau melanjutkan pendidikan, dari output ini kita bisa menentukan materi dan tujuan pembelajaran. Anak didik yang hendak melanjutkan pendidikan tentunya baik pengetahuan dan keterampilan harus sama baiknya namun bagi yang hendak mandiri misalnya: dengan membuka usaha tentunya modal keterampilan harus terus dilatih untuk menghasilkan produk bernilai jual ekonomi. 

Tips 5: Self discipline, mendisplinkan diri dan konsisten bukan hal yang mudah dilakukan tetapi mungkin untuk dilakukan. Dengan disiplin, kita belajar menggunakan waktu dengan baik, dengan disiplin, kita belajar untuk konsisten terhadap jadwal yang kita susun.


Wah, hari ini aku mendapatkan pembelajaran yang luar bisa dari AISEI. Terima kasih bu Capri dan tim telah berbagi ilmu dan pengalamannya yang bermanfaat bagi peserta pendidik, bu, :)


Dahlia L. Silitonga












Comments

Capri Anjaya said…
Terima kasih sudah berpartisipasi...
Catatannya keren..
Sangat bermanfaat!
Dian Ariadita said…
Keren, Bu...mampir juga ke blog saya ya!
iya, bu Dian, terima kasih.
ibu juga keren, terima kasih ya bu. :)
Siti Makhmudah said…
Terima kasih. Acaranya Sangat bagus

Popular posts from this blog

Tematik: Ayo, Membuat Kolase Bebek!

Mimpi Punya Laptop Asus

Amazing animals