Mengajar kreatif bersama Pak Dadan dan Pak Trisnendri

 


Hari ini mendapatkan kesempatan belajar mengajar kreatif bersama rekan-rekan guru dari berbagai sekolah dengan dipandu Pak Dadan dan Pak Trisnendri. Workshop mengajar kreatif ini menggunakan berbagai aplikasi yang tidak asing lagi google slide, padlet, mindmup. Karena masuknya sudah terlambat jadi, saya tidak mengikuti dari awal. Saya sempat mengikuti pembelajaran mindmup yang sudah saya pernah gunakan juga dalam pembelajaran kosakata Bahasa Indonesia, mirip-mirip dengan aplikasi mindmap.

Ketika breakout room, ada tugas kelompok dan dipimpin langsung dengan Pak Trisnendri. Kami berdiskusi merancang pembelajaran kreatif mengenai isu pemanasan global. Masing-masing anggota kelompok memberikan ide mengajar dan aktivitas kreatif kepada murid. Sayang, waktunya kurang sehingga tugas kelompok kami belum tuntas.

Pembelajaran interaktif bisa dalam bentuk game, quiz, text, video dan audio. Satu aplikasi pembelajaran kreatif yang diperkenalkan kepada peserta dan belum ada yang pernah menggunakan sebelumnya yaitu: nearpod. Kita bisa bergabung melalui web di: nearpod.com.






Kita mendaftar secara gratis sign up di web bila menggunakan hp maka nearpod harus diinstall terlebih dahulu. Setelah mendaftar dengan menggunakan akun gmail maka tampilan seperti gambar di bawah ini:



Kita juga diajak mencoba nearpod dengan menggunakan kode kelas yang diberikan Pak Trisnendri. Bermain menjodohkan jenis masker hahaha....Diakhir acara disediakan refleksi penutup. Sungguh kesempatan belajar yang bermanfaat bergabung bersama rekan-rekan guru yang hebat.


Salam digital literasi,

Dahlia L. Silitonga



Comments

Sumarjiyati said…
Aq jg ikut buk..tp bs msuk sdh trlmbt..tp sdikit dpt dr mateti yg nearpod.sangat mnarik

Popular posts from this blog

Tematik: Ayo, Membuat Kolase Bebek!

Mimpi Punya Laptop Asus

Amazing animals