Tematik: Kegiatan yang Mencerminkan Kebersamaan di Masyarakat

Kegiatan apakah yang ada dimasyarakat yang dapat kita lakukan bersama-sama sebelum pandemi Covid 19, teman-teman? Mari kita bernostalgia sejenak dan mengamati foto di bawah ini.


Ya, pelaksanaan lomba tujuh belas agustus adalah hal yang menyenangkan dan indah untuk dikenang pada tahun-tahun sebelumnya. Perayaan tujuh belas agustus juga menunjukkan kebersamaan antar warga. Setiap anak bahkan orang dewasa pasti bergembira mengikuti perayaan lomba tujuh belasan karena ada hadiah yang menanti. 

Ada beberapa sikap yang perlu dimiliki agar kegiatan kebersamaan di masyarakat dapat berjalan baik. Untuk memiliki sikap-sikap yang mencerminkan kebersamaan di masyarakat, yaitu:

a. Mau saling menolong
b. Mendahulukan kepentingan umum daripada kepentingan pribadi
c. Saling menghormati dan menghargai.

Ketika kita belajar untuk memiliki ketiga sikap di atas dalam hidup bermasyarakat maka bentuk kegiatan apa pun misalnya: musyawarah memilih ketua RT, ronda malam pasti akan berjalan kompak. 

Ketiga sikap di atas apabila diaplikasikan pada aktivitas sekolah pun maka kegiatan di sekolah dan di rumah pasti akan berjalan lancar, cepat selesai dan menambah kebersamaan antar anggota keluarga juga teman. Karena itulah, ketiga sikap tersebut amat penting dan baiklah kita latih setiap hari.


salam literasi digital,
Dahlia L. Silitonga



Comments

Popular posts from this blog

Tematik: Ayo, Membuat Kolase Bebek!

Mimpi Punya Laptop Asus

Amazing animals