Webinar bersama Cambridge University Press

 


Hari ini aku menyempatkan waktu untuk mengikuti webinar bersama Cambridge University Press dari pukul 11.00-14.00 WIB. Acara ini menarik karena dibuka langsung oleh Dirjen GTK Pendidikan Dasar Kementerian Pendidikan. Foto tampilan Top Scores in PISA 2015 dalam pelajaran Science dan Math, posisi Indonesia di bawah negara tetangga, Singapura. Tentunya ini menjadi cerminan bagi kita untuk meningkatkan kualitas mutu pendidikan berdaya saing global.

Sebuah langkah konkret sudah dilakukan pihak pemerintah, merdeka belajar, membangun kualitas pendidikan holistik dengan mengubah asesmen atau meniadakan ujian nasional di tahun 2021 seperti gambar di bawah ini:

Pembaharuan bukan saja dalam penghapusan UN namun kurikulum yang mengedepankan skill atau keterampilan yang dibutuhkan menghadapi tantangan persaingan global:


Kemudian ada pemaparan 3 mata pelajaran: Math, Science dan English. Setiap mata pelajaran memiliki masing-masing 1 soal, contohnya seperti soal Math di bawah ini:


Hayoo, siapa yang bisa tebak soal kuis Math di atas haha..

Hal yang paling menarik adalah pelajaran Science, membuat eksperimen mengukur desibel frekuensi sebuah gelas yang diisi air, setengah air dan dibiarkan kosong. Kira-kira manakah dari 3 hal tersebut frekuensi yang terbesar teman-teman? Dan berbagai aktivitas Science yang menarik lainnya pun ditampilkan.

Untuk Bahasa Inggris pun, diberikan tips menampilkan cara menarik siswa pada pelajaran Bahasa Inggris seperti menampilkan gambar yang berwarna, kegiatan yang menyenangkan siswa dalam bentuk permainan.

Itulah cerita webinar yang saya ikuti hari ini dan bagikan ke teman-teman. Semoga bermanfaat.


salam literasi digital,

Dahlia L Silitonga




Comments

Aduh..minat bgt dgn yg B. Inggris
indrawahyuddin said…
Hebat Bu...
SSelalu aktif mengikuti Webinar... dan membagikan ceritanya dalam blog
Terimakasih
keren, spesial webinar bu

Popular posts from this blog

Tematik: Ayo, Membuat Kolase Bebek!

Mimpi Punya Laptop Asus

Amazing animals