Menulis Artikel Populer

 




Kemarin malam tanggal 10 November 2020, saya menyempatkan diri mengikuti pelatihan tak berbayar dari Universitas Multimedia Nusantara, "Menulis Artikel Populer". Materinya cukup menarik dan bisa selesai dalam satu hari selama 40 menit. Cara memilih topik artikel populer tentunya dimulai dari judul yang menimbulkan rasa ingin tahu yang besar (curiosity) berdasarkan fenomena-fenomena kekinian. Bahasa yang digunakan harus mudah dipahami dan hindari bahasa Ilmiah yang disampaikan secara deskripsi.

Sistematika penulisan artikel populer: Pembuka - Isi - Penutup dengan pola pemecahan topik, pola kronologi, pola pembandingan dan pola pendapat dan alasan pemikiran. Pemilihan bahasa dalam penulisan artikel populer menjadi sangat penting. Karena namanya juga artikel populer maka pembacanya pasti berasal dari kalangan umum dan gunakan bahasa yang dikomunikasikan sehari-hari. Buatlah pembaca benar-benar ingin membaca tulisan populer kita hingga selesai.

Memilih tema pun harus pintar-pintar dengan mengenali siapa pembaca kita dan pemilihan diksi pun harus tepat. Gunakan 5W + 1 H seperti pada gambar di atas untuk menuliskan gagasan artikel populer. Itulah sebagian pengetahuan yang saya dapat dan bagikan hari ini. 

Selamat mencoba ya, teman-teman. 


salam literasi digital,

Dahlia L. Silitonga

Comments

Singkat padat pesan tulisan tersampaikan mantap ne jadi tempat belajar menulia
Betul pak budi. Referensi juga nih. Terimakasih bu
Kade Yuliani said…
Terimakasih sdh berbagi ilmu
Terimakasih Ilmunya Bu Dahlia

Popular posts from this blog

Tematik: Ayo, Membuat Kolase Bebek!

Mimpi Punya Laptop Asus

Amazing animals