Tematik: Cara Memegang Pensil

 


Pembelajaran tematik bukan hanya mengajarkan ilmu pengetahuan tetapi juga pembelajaran keterampilan bermakna. Salah satu materi pembelajaran tersebut adalah peserta didik diajarkan dan mempraktekkan cara memegang pensil yang benar. Posisi pensil diletakkan diantara ibu jari dan keempat jari seperti pada contoh gambar di atas. Pembelajaran tersebut tentu sangat aplikatif digunakan dalam pembelajaran sehari-hari misalnya untuk menulis di buku tulis pelajaran, menulis resep masakan, menulis karangan dll. Hal yang terpenting adalah membentuk kebiasaan yang baik menulis dengan cara memegang pensil yang benar. Kalau keterampilan cara memegang pensil dengan baik sudah menjadi kebiasaaan tentu akan terbawa hingga kuliah kelak.
Bukan hanya cara memegang pensil yang diajarkan tetapi posisi duduk membaca dan menulis yang baik dan benar serta pencahayaan yang cukup ketika menulis atau membaca. Baik hal yang baik dan tidak tentunya memiliki akibat yang berbeda-beda, misalnya cara memegang pensil yang salah akibatnya jari mudah lelah. 
Hal yang sederhana tentunya sudah menjadi bagian dari keseharian kita baik cara memegang pensil yang benar, posisi duduk saat membaca atau menulis dan pencahayaan yang cukup. Ternyata hal mendasar tersebut harus sudah diajarkan dan dilatih sejak dini kepada peserta didik.

Salam literasi digital,
Dahlia L. Silitonga

Comments

Pak D Susanto said…
Guru SD dapat warisan dari TK yang butuh ketelatenan ekstratinggi untuk memperbaiki
bintangku said…
Menarik ya. Psikomotor anakmmenjadi lebih baik ya mbak.

Popular posts from this blog

Tematik: Ayo, Membuat Kolase Bebek!

Mimpi Punya Laptop Asus

Amazing animals