Tematik: Menemukan Informasi dari Teks

 



Hari ini kita akan belajar menemukan informasi dari teks bacaan. Kita dapat melihat 5 langkah-langkah menemukan informasi dari teks seperti tabel pada slide presentasi di atas. Laporan dapat dibuat dengan menuliskan informasi yang diperoleh baik dari pengamatan gambar atau membaca teks. 

Saat kita membaca teks, kita akan menemukan kosakata baru. Kosakata baru biasanya belum diketahui artinya. Kita dapat mencari makna kosakata baru dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) atau bertanya kepada orangtua atau guru kita. Setelah memahami kosakata baru tersebut, barulah kita dapat menemukan informasi dalam teks.

Setelah kita menemukan informasi dalam teks yang kita baca, kita bisa memakai kosakata baru tersebut sebagai kata kunci. Menandai kata atau kalimat kunci adalah hal yang penting. Setelah menemukan kata atau kalimat kunci, kita bisa menyusun menjadi sebuah laporan pengamatan berdasarkan teks.

Ada tugas latihan yang diberikan kepada peserta didik untuk lebih memahami menerapkan 5 langkah-langkah di atas. Selamat berlatih.


Salam digital literasi,

Dahlia L. Silitonga

Comments

Popular posts from this blog

Tematik: Ayo, Membuat Kolase Bebek!

Mimpi Punya Laptop Asus

Amazing animals