E-report Semester 1

 

   Sumber: youtube

Hari ini aku menghabiskan waktu mengisi membuat rapor semester satu ke sekolah. Aku memilih datang pagi-pagi ke sekolah. Ku buka komputer dan mulai ku kerjakan raporku. Ruangan masih terlihat sepi ditambah dengan cuaca yang sedang hujan dan gerimis. Lalu aku mulai memasukkan data ke setiap rapor anak didikku.

Kemudian temanku datang dan menawarkan sarapannya. Otakku yang sedang berjibaku sepertinya membutuhkan makanan untuk melanjutkan pekerjaan. Ku hentikan sejenak dan ku sempatkan makan bihun yang ditawari oleh temanku. Aku dan dua temanku makan bersama. Selesai makan, kami melanjutkan mengerjakan rapor di ruangan komputer. Pekerjaan memasukkan data membutuhkan ketelitian. Satu per satu nilai mata pelajaran dimasukkan ke sistem rapor online.

Tak terasa hari sudah siang, kami pun beristirahat dan memesan kopi. Selesai beristirahat, kami melanjutkan mengerjakan rapor online di ruang komputer dengan tetap menjaga jarak dan memakai masker. Pengerjaan rapor online dibagi menjadi dua hari, kelas kecil dan kelas besar. Tentunya jenjang kelas 3-6 SD, jumlah nilai mata pelajaran jauh lebih banyak dari jenjang kelas kecil.

Pengerjaan rapor online membutuhkan kestabilan koneksi internet dan ketelitian mata. Satu per satu menu dalam rapor online harus diisi oleh guru kemudian form deskripsi dan pengiriman nilai akhir. Sebelum dikirimkan ke disdik Jakarta Utara, data tersebut harus diverifikasi kembali oleh koordinator sekolah. Hingga sore hari, pekerjaan ini bisa terselesaikan sampai rapor diprint. 

Aku pulang bersama kedua temanku. Kebetulan arah rumahnya sejalan dengan Stasiun Palmerah.Sepanjang perjalanan, kami bercerita sambil melihat"google map" Semua berjalan lancar, tidak ada kemacetan yang panjang di Slipi. Aku sangat bersyukur mampu menyelesaian pekerjaanku dan tiba di rumah dengan selamat. 


Salam literasi digital,

Dahlia L. Silitonga

Comments

Sumarjiyati said…
Alhamdulilah... Bersyukur buk..dg kmudahan dan klncaran yg Tuhan berikan...
Di SD Kami blm mnggunakan Eraport.
Satu kabupaten baru bbrp SD saja yg mnggunknannya.
Abithea/Kartini said…
Sekarang jaman digital, hampir semua pakai E ya Bu.
Salah satunya E-Raport...
Oh, ibu di daerah mana bu?

Popular posts from this blog

Tematik: Ayo, Membuat Kolase Bebek!

Mimpi Punya Laptop Asus

Amazing animals