Pembelajaran Scratch Arduino Berbasis STEAM - Rumah Edukasi

 


Pembelajaran koding seakan menjadi hal yang menakutkan bagi siswa. Pembelajaran koding dan robotik berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Art and Math) menjadi sebuah kebutuhan di era digital saat ini.Tampilan tayangan video di bawah ini semakin menguatkan kita akan urgensinya teknologi berbasis STEAM.


Scratch arduino adalah dua bentuk kombinasi program scratch dan mesin arduino. Sebelum memulai workshop ini, kita diminta untuk mendownload aplikasi S4A dari S4A.CAT. Di bawah ada gambar langkah-langkah download dan install aplikasi scratch arduino.



Setelah selesai kita diajarkan mengoperasikan blok scratch: control, motion dan sound. Alat yang digunakan namanya gigo S4a scratch for arduino programming bricks. Pertama, kita belajar mengenal fungsi blok pada scratch kemudian mengkombinasikan fungsi blok pada skrip scratch. Setelah itu, kita bereksperimen menggunakan fungsi blok scratch pada mesin arduino di scratch stage.





Ketiga gambar di atas adalah tahap mengoperasikan mesin arduino pada scratch. Setiap instruksi perintah pada blok scratch skrip akan dipahami oleh mesin arduino untuk diikuti melalui analog yang tersambung. Setiap kita mengganti perintah pada blok scratch maka mesin arduino akan mengikutinya. Bisa juga arduino dikendalikan melalui smartphone dan bluetooth. 

Inilah salah satu bentuk pembelajaran koding terintegrasi dengan STEAM yang nyata dalam kehidupan. Dengan mengoperasikan mesin arduino melalui smartphone akan membuat pembelajaran koding semakin menyenangkan dan mudah dilakukan dengan menyambungkan arduino pada power bank hp.

Workshop hari ini akan berlanjut di awal tahun 2021. Semoga bisa mengikutinya lagi dan berbagi kepada teman - teman guru serta siswa di sekolah.

link youtube utk pembelajaran scratch arduino guru hari ini:




Salam literasi digital,

Dahlia L. Silitonga

Comments

Mantul bu, pengen ikut workshopnya
bintangku said…
Asyiik.. ilmu baru robotic

Popular posts from this blog

Tematik: Ayo, Membuat Kolase Bebek!

Mimpi Punya Laptop Asus

Amazing animals