Budaya Gotong Royong di Masa Pandemi Covid 19


Gotong royong adalah budaya tolong menolong yang sudah menjadi bagian dari bangsa Indonesia. Gotong royong biasanya dilakukan bersama sekelompok masyarakat yang memiliki tujuan yang sama, misalnya bergotong royong membersihkan lingkungan, gotong royong membangun aula desa dsb. Gotong royong merupakan kegiatan kebersamaan antar warga.

Namun di masa pandemi Covid 19, apakah gotong royong masih relevan menjadi budaya bangsa kita? Kita tahu bersama bahwa pandemi Covid 19 mengharuskan kita melakukan protokol kesehatan salah satunya menjaga jarak. Padahal bergotong royong tidak selalu mengharuskan warganya menjaga jarak. Ya, di masa pandemi Covid 19, kita sebaiknya menghindari kegiatan yang mengumpulkan banyak orang. Esensi dari budaya gotong royong adalah tolong menolong. Itu artinya, kita bisa menerapkan budaya gotong royong tanpa harus melibatkan banyak orang. Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menunjukkan sikap tolong menolong. Dimulai dari lingkungan keluarga, misalnya.

Kesimpulannya, bentuk budaya gotong royong mengalami perubahan di masa pandemi Covid 19. Kita bisa memahami esensi gotong royong sebagai suatu sikap tolong menolong dengan tetap mengikuti protokol kesehatan. Selamat bergotong royong, selamat tolong menolong.

salam literasi,

Dahlia L. Silitonga

Comments

Abithea/Kartini said…
Budaya gotong royong sekarang sudah hampir terkikis, terutama dikota2 besar ya Bu...
Abithea/Kartini said…
Budaya gotong royong sekarang sudah hampir terkikis, terutama dikota2 besar ya Bu...
Kang Mul Jozz said…
Saat ini di beberapa komplek perumahan, cluster sederhana ukuran rumah type 36/72 ke bawah masih terasa kuat budaya gotong royong ya, ini sebuah fenomena menarik dan layak di pertahankan dan di jaga sampai anak cucu cicit dan seterusnya
ninibelajar said…
Budaya gotong royong tetap masih bisa dilakukan dalam bentuk lain
Pak D Susanto said…
Nampaknya gotong royong bukan semata mengumpulkan orang. Mengumpulkan barang untuk dibagikan rasanya gotong royong juga.
Tanpa kumpul kumpul tetap bisa gotong royong ya bu. Hidup gotong royong. Keren bu

Popular posts from this blog

Tematik: Ayo, Membuat Kolase Bebek!

Mimpi Punya Laptop Asus

Amazing animals