Tokoh Wayang Semar


Hari ini kami belajar Pancasila mengenai keberagaman suku bangsa di sekolah. Di Indonesia ada berbagai macam suku bangsa. Setiap suku bangsa memiliki ciri khas tertentu, misalnya: pakaian adat, rumah adat, makanan khas, kebudayaan. Aku pun mencontohkan suku bangsaku dan menjelaskan kepada anak didikku. Namun, mereka belum paham apa itu suku bangsa dan ciri khas. Tentunya aku pun harus menjelaskan dengan bahasa sederhana yang mudah dipahami muridku. Ada satu orang muridku yang langsung mengetahui suku bangsanya dan menyebutkan asalnya.

Aku pun teringat dengan tokoh wayang Semar yang pernah ku beli di Yogyakarta. Tokoh wayang Semar adalah contoh konkret yang bisa terlihat secara visual menjelaskan bentuk hasil budaya suku bangsa Jawa. Tokoh wayang semar mempresentasikan orang yang jujur, sakti dan tidak takut pada siapa pun dalam membela kebenaran. Semar adalah pamomong anak-anak Pandowo terutama Janoko yang disayangi.

Ketika aku menampilkan tokoh wayang Semar, tidak banyak yang tahu hanya sebagian kecil muridku. Tampak wajah mereka berseri-seri melihat tokoh wayang Semar apalagi karena badannya yang gemuk. Namun ada juga ya tokoh wayang yang badannya kurus. Bukan hanya itu saja aku pun berusaha mencari sebuah video pembelajaran yang menampilkan keberagaman suku bangsa di Indonesia baik itu pakaian adat, makanan khas daerah dsb. Setelah aku menemukannya, aku pun membagikannya supaya muridku semakin kaya dalam pengetahuan baik dan bersyukur menjadi bagian dari bangsa Indonesia. Sudah sepatutnya kita bersyukur atas kekayaan keberagaman suku bangsa Indonesia.


Salam literasi,

(Dahlia Silitonga)


Comments

Pak D Susanto said…
Nah bagus sekali, ito.
This comment has been removed by the author.
wah ide yg bagus membahas tokoh wayang semar
terima kasih, pak sudah berkunjung, :)
terima kasih sudah berkunjung, bu, :)
Dea said…
Sungguh kaya Indonesia kita yaa, mantap Mba Dahlia!

Popular posts from this blog

Tematik: Ayo, Membuat Kolase Bebek!

Mimpi Punya Laptop Asus

Amazing animals