Eksperimen Sains Tanah itu Penting

     
                                                    

Eksperimen Sains berjudul "Tanah itu penting" sangat menarik untuk diikuti. Dari 2 perlakuan sama yang diberikan kepada 2 media ternyata menunjukkan hasil yang berbeda. Pengamatan dilakukan mulai dari hari ke- 3, 6 dan 9. Adapun media yang digunakan adalah pasir dan tanah. Di atas media tanah dan pasir diletakkan 5 biji kacang ijo. Setiap hari biji yang diletakkan pada kedua media ini disiram dan ditaruh di dekat tempat yang terkena sinar matahari. Kemudian hasilnya difoto dan didokumentasikan seperti gambar di atas.

Pada hari ketiga (kiri), belum ada terlihat perbedaan yang nyata kedua media tersebut. Pada hari ke- 6 (tengah) terlihat perbedaan pada media tanah, muncul sebuah tunas yang mengeluarkan daun berwarna hijau. Dan pada hari ke-9 (kanan), tunas tanaman baru ini semakin bertumbuh tinggi dan daunnya terlihat jelas. Namun tidak ada terlihat perubahan berarti pada biji yang diletakkan pada media pasir sejak di hari pertama, ketiga dan kesembilan.

Hasil dari pengamatan Sains ini maka dibuat sebuah laporan eksperimen Sains di hari ketiga, keenam dan kesembilan. Kesimpulan adalah bahwa tanaman tumbuh memerlukan media yang tepat. Tanaman pun memerlukan air dan sinar matahari untuk bertumbuh dengan baik.

Salam literasi,
(Dahlia L. Silitonga)

Comments

Popular posts from this blog

Tematik: Ayo, Membuat Kolase Bebek!

Mimpi Punya Laptop Asus

Amazing animals