Donat Kentang

 


Hari ini, aku dan adik-adikku membuat donat kentang. Karena hari minggu, aku membuat adonan donat kentang terlebih dahulu. Semua bahan sudah disiapkan, kentang 1 kg, telor setengah kilo, tepung 2 kg, fermipan atau ragi sebanyak 2 sachet, mentega  sebanyak 1 sachet, gula dan garam secukupnya. Kami berencana untuk membagikan donat kentang ini kepada keluarga terdekat supaya sama-sama menikmati donat kentang.

Setelah adonan terbentuk lalu adonan donat ditutup dengan kain selama beberapa menit. Supaya ragi bekerja mengembangkan adonan donat kentang. Aku berbagi tugas dengan adik-adikku. Mereka yang akan membentuk dan menggoreng donat kentang. Sejenak aku tidur siang menghilangkan kantuk. Ketika aku bangun tidur, ku lihat adik-adikku sudah mulai menggoreng donat kentang. Mereka bekerja sama, ada yang membuat adonan menjadi bentuk donat dan ada yang menggoreng.

Aku mencicipi donat yang sudah masak ehmm...rasanya enak. Enak rasanya walaupun bentuknya tidak sebagus donat yang dijual di toko-toko. Kami menaburi donat dengan gula halus dan ada juga dengan meses coklat. Lalu kami menyusun ke 2 tempat makan plastik untuk berbagi. Menikmati kudapan sore donat kentang dengan varian meses coklat dan gula halus bersama keluarga sangat menyenangkan. Apalagi kalau berbagi dengan sesama.

Akhirnya donat kentang ini benar-benar menjadi cemilan yang mengasyikkan di hari minggu. Kami membuatnya dengan resep keluarga dan cinta.


Salam digital literasi,

Dahlia L. Silitonga


Comments

Sumarjiyati said…
Waaaw mau donk icip icip donatnya..
ninibelajar said…
Donat buatan sendiri memang lebih fresh
Kade Yuliani said…
Saya jg suka donat

Popular posts from this blog

Tematik: Ayo, Membuat Kolase Bebek!

Mimpi Punya Laptop Asus

Amazing animals