Menjadi Fasilitator Break Out Room Zoom


Kemarin malam, aku dipercaya menjadi fasilitator di salah satu acara Komunitas Boost. Ada 21 peserta yang hadir. Fotoku ada terlihat sebagai salah satu fasilitator hanya aku tidak membuka kameraku. Aku sangat senang mendapat tugas fasilitator di acara komunitas Boost. Acara berlangsung 1,5 jam dari pukul 21.00 hingga 22.30 WIB.

Sebagai fasilitator, kami berempat diberikan kesempatan untuk berbagi pengalaman imunisasi di negara kami masing-masing. Aku mendapat urutan terakhir. Jadi, aku masih sempat menyiapkan konsep yang akan aku bagikan pengalamanku sebagai tenaga pendamping WHO 2017-2018. Aku menulis konsep pengalamanku terlenbih dahulu untuk membantuku berbicara dalam bahasa Inggris. Rasanya ini menjadi pengalaman pertamaku berbicara dengan bahasa Inggris di depan banyak rekan dari berbeda negara. Ada perasaan deg-degan menunggu giliranku.

Tibalah giliranku. Aku menyapa rekan-rekan supaya tidak terlalu tegang. Lalu aku mulai membacakan konsep yang sudah ku tulis kemudian Lucy menanyakan 4 point pertanyaan yang sudah disiapkan. Aku menjawab dengan tenang dan memperhatikan baik-baik pengucapan bahasa Inggris supaya dipahami teman-temanku. Untungnya, karena di sekolah memakai bahasa Inggris, mulai sudah terbiasa dan dilatih terus menerus supaya semakin fasih berbicara bahasa Inggris.

Aku mampu menyelesaikan keempat pertanyaan tersebut. Tibalah break out room, aku menjadi fasilitator di grup 1. Kami berlima di grup pertama. Kemudian aku pun menanyakan kepada teman-temanku di dalam grup 1 sesuai pertanyaan yang sudah disiapkan tim. Waktu break out time hanya 8 menit, sangat singkat. Karena itu harus pintar-pintar mengatur waktu bagi peserta yang ingin berbagi pengalaman imunisasi. Ada 2 partisipan yang berbagi dari negara Indonesia dan Mozambik.

Setelah selesai break out room zoom, kami pun kembali ke ruang utama. Dan mendengarkan penjelasan Pedja Stojicic dari WHO Serbia, salah satu refleksi "If we do... we will change" di bawah ini:


Itulah pengalaman pertamaku menjadi fasilitator break out zoom Boost Community. Semoga bermanfaat ya, teman-teman.

Salam sehat,
Dahlia L. Silitonga




Comments

bintangku said…
Woow.. Mbak Dahlia.. Mantul pisan
indrakeren said…
Waaw... Skala internasional...
Hebat
Siti Halimah said…
Wah keren, sukses selalu Mb Dahlia...

Popular posts from this blog

Tematik: Ayo, Membuat Kolase Bebek!

Mimpi Punya Laptop Asus

Amazing animals