Ikan Baronang Bakar Bumbu Spesial

 



Hari ini menu makan siang kami sekeluarga adalah ikan baronang bakar bumbu spesial. Sajian ikan adalah menu favorit keluargaku. Kami sekeluarga senang memakan ikan apalagi kalau dibakar dan diberi bumbu kecap manis. Ehm, tercium harum dan enak di lidah. Ikan baronang bakar ini disiapkan oleh mama dan adikku. Aku hanya membantu membelikan bumbu lada, ketumbar yang sudah dihaluskan.

Pertama ikan baronang dibersihkan, diberi garam dan jeruk nipis. Supaya bumbunya meresap maka ikan baronang dibiarkan beberapa menit. Sementara itu kami menyiapkan bumbu bakar seperti cabe, lengkuas, bawang putih, jahe, ketumbar, kunyit dan garam secukupnya untuk dihaluskan. Barulah bumbu tersebut digoreng. Sementara ikan bakarnya digoreng setengah matang kemudian dibakar.

Bau harum ikan baronang bakar sudah tercium, membuat perut semakin bertambah lapar. Tapi waktunya makan siang belum tiba, jadi harus bersabar menunggu waktu makan siang sambil menulis di blog hehe.. 

Ikan adalah salah satu sumber bahan pangan bergizi. Dari memakan ikan, kita mendapatkan kandungan protein (asam amino) dan omega 3. Kandungan asam amino dan omega 3 dari ikan jauh lebih baik dari sumber bahan pangan lainnya. Kandungan asam lemak omega 3 sangat baik menjaga kesehatan jantung dan pertumbuhan bagi anak-anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa asam lemak omega 3 dalam ikan dapat mencegah kita dari gangguan mental seperti depresi dan gangguan bipolar.

Mari kita galakkan memakan ikan, teman-teman.

Salam literasi.
Dahlia L. Silitonga

Comments

Popular posts from this blog

Tematik: Ayo, Membuat Kolase Bebek!

Mimpi Punya Laptop Asus

Amazing animals