Memaknai 92 tahun Sumpah Pemuda

 


Hari ini tepat tanggal 28 Oktober adalah hari bersejarah bagi bangsa Indonesia. Bertepatan dengan hari sumpah pemuda, hari ulang tahun muridku, Devi. Dengan ditemani musik peringatan sumpah pemuda, aku pun menulis di blogku memaknai 92 tahun sumpah pemuda.

Pemuda adalah penggerak perjuangan kemerdekaan Indonesia. Kelahiran sumpah pemuda dimulai dengan lahirnya organisasi pemuda tahun 1977. Ketika itu organisasi pemuda masih bersifat kedaerahan. Sampai akhirnya Moh Yamin, menerbitkan sebuah buku berisi kumpulan sajak berjudul Indonesia, Tumpah Darahku. Dari karya buku itulah muncul kesadaran persatuan pemuda yang tertuang dalam deklarasi sumpah pemuda pada kongres pemuda kedua tanggal 27-28 Oktober 1928.

Deklarasi sumpah pemuda merupakan cerminan pernyataan persatuan pemuda. Deklarasi yang berisi pernyataan satu bangsa, satu tanah air dan satu bahasa yang diucapkan dengan lantang oleh pemuda. Semangat persatuan inilah yang menjadi modal penggerak kemerdekaan Indonesia. Marilah kita memaknai sumpah pemuda hari ini dengan terus bekerja, berkarya dan menyemangati satu sama lain. Selamat memperingati hari sumpah pemuda, hai kawan!

Salam pemuda,
Dahlia L. Silitonga

Comments

Sumarjiyati said…
Salam literasi semangat hari sumpah pemuda...
salam literasi juga bu Sum, :)

Popular posts from this blog

Tematik: Ayo, Membuat Kolase Bebek!

Mimpi Punya Laptop Asus

Amazing animals