Peran Teknologi Dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Indonesia
Peran
Teknologi Dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Indonesia
oleh Dahlia, SKM
Guru tematik kelas 2 SD Nation First School
Aku
pernah berpikir bagaimana caranya supaya pembelajaran kosakata ini menjadi menyenangkan
dan tidak monoton. Karena pasti meminta anak mencari arti kosakata di kamus
KBBI online. Aku mulai mencarinya
melalui website google dengan
mengetikkan pertanyaanku. Aku menemukan satu cara yang menarik menggunakan
aplikasi Quizlet.
Aku mencoba aplikasi ini terlebih
dahulu bertema kebudayaan malam sebelum mengajar. Kemudian aku membagikan
tautan Quizlet melalui google classroom kepada anak-anak didikku. Pertanyaan bertema
kebudayaan akan otomatis keluar dari aplikasi dan setiap jawaban yang kita
pilih akan keluar respon benar atau salah. Dan jika salah menjawab maka akan
keluar respon kamu perlu belajar lagi. Dalam proses belajar,
jawaban salah atau benar adalah hal yang lumrah karena yang terpenting adalah
pemahaman anak terhadap makna kosakata tersebut.
Keesokan
harinya pada pagi hari aku membuat pengumuman di WAG kelasku. Pengumuman kepada
orangtua murid materi pembelajaran hari ini dan tugas yang akan dikumpulkan.
Materi pembelajaran sudah tersedia di google classroom maupun folder
pengumpulan tugas membuat cerita menggunakan kosakata bertema budaya kerukunan
beragama. Aku menuliskan ketentuan pengiriman tugas dan batas akhir pengumpulan
tugas melalui WAG kelas. Google classroom dan WAG merupakan sentuhan teknologi
yang digunakan dalam pembelajaran tematik disamping aplikasi Quizlet.
Aku berencana memasukan Quizlet di
awal pembukaan pembelajaran tematik hari ini namun karena waktu 10 menit sudah terpakai
dengan kegiatan kreativitas chapel maka aku pun tidak sempat membuka Quizlet di
awal pembelajaran. Namun aku sudah membagikan tautan Quizlet melalui google
classroom. Aku berharap murid-muridku mencoba aplikasi Quizlet. Pada
pembelajaran tematik sebelumnya, kami sudah pernah mencobanya. Anak-anak
didikku terlihat sangat antusias belajar kosakata melalui aplikasi Quizlet.
Pada hari Senin, tanggal 12 Oktober
2020, kami belajar tematik Bahasa Indonesia. Pembelajaran tematik diambil dari tema 3 sub tema 3: tugasku sebagai umat beragama. Pendalaman materi menggunakan kosakata
untuk membuat cerita bertema budaya kerukunan beragama. Aku meminta semua anak
didikku untuk membuka halaman 50 dan 51. Kemudian salah seorang muridku
membaca halaman 50. Varell, muridku bertanya makna kata
toleransi. Karena dalam materi pembelajaran dituliskan kosakata: keberagaman,
agama, ibadah, toleransi dan menghargai.
Sebelum menjawab pertanyaan muridku.
Aku meminta kembali salah seorang muridku untuk membacakan sebuah cerita
berdasarkan kosakata yang dicetak tebal. Dari pemahaman cerita yang sudah
dibacakan barulah aku menjelaskan makna kosakata toleransi. Menurut Kamus Besar
Bahasa Indonesia (KBBI), toleransi adalah sifat atau sikap toleran. Lalu aku
menghubungkannya dengan bacaan cerita bertema budaya kerukunan beragama adalah
sikap saling menghargai. Penjelasanku tersebut bisa diterima oleh muridku,
Varell.
Kami melanjutkan mengerjakan soal
latihan berupa dua gambar di buku tematik bersama-sama. Kedua gambar tersebut
memiliki percakapan antara dua orang murid bernama Fitri dan Jonas. Gambar
pertama, Fitri menanyakan kemana Jonas akan pergi lalu Jonas pun menjawab pergi
beribadah ke gereja. Gambar kedua, Fitri mengucapkan selamat beribadah Jonas
dan Jonas pun membalas, terima kasih, Fitri.
Dari percakapan tersebut, ada lima
kosakata yang diminta dalam soal latihan. Aku mengajak muridku untuk mencari kelima
kosakata tersebut. Terjadilah interaksi yang menarik sampai kami akhirnya menemukan
kelima kosakata. Dari lima kosakata yang sudah ditemukan, aku menuliskan makna
setiap kosakata kemudian meminta muridku untuk membuat kalimat masing-masing kosakata.
Dari kelima kalimat akan tersusun menjadi sebuah cerita bertema budaya kerukunan beragama. Pertama, aku membuat bentuk pengerjaan soal menggunakan Ms.Word. Kedua, aku mengubah file Ms Word menjadi file berformat pdf. Dan terakhir, ku bagikan file pdf ini melalui WAG kelas. Adapun bentuk hasil pengerjaan menggunakan kosakata untuk menulis cerita sebagai berikut:
Kosakata
1. Beribadah: menjalankan perintah
agama
2.
Toleransi:
saling menghargai
3.
Rukun:
tidak bertengkar
4.
Menghormati:
menaruh hormat kepada (orangtua, teman, guru
dsb)
5. Agama: keyakinan atau kepercayaan
Ket:
Jika sudah memahami makna kosakata, tidak perlu dituliskan makna kosakata.
Kalimat
1. Cinta beribadah ke masjid.
2. Quinny dan Cinta selalu menjaga sikap saling toleransi.
3. Walaupun berbeda agama, mereka hidup dengan rukun dan gembira.
4. Quinny menghormati ibadah Cinta di masjid.
5. Mereka memiliki agama yang berbeda.
Cerita
Quinny dan Cinta adalah siswi di kelas 2 SD. Mereka memiliki
agama yang berbeda. Cinta beribadah ke masjid. Quinny dan Cinta selalu menjaga
sikap saling toleransi. Ketika Cinta pergi beribadah ke masjid, Quinny
menghormati ibadah Cinta di masjid. Walaupun berbeda agama, mereka hidup dengan
rukun dan gembira.
http://gurupenggerakindonesia.com
Profil Penulis
Dahlia Lidia
Silitonga, anak pertama dari empat bersaudara. Lahir di Jakarta 27 Januari
1985. Menempuh pendidikan dasar pada tahun 1991-1997 di SDN Batan Indah,
Tangerang Selatan, Banten. Dilanjutkan ke tingkat SMP di tahun 1997-2000 dan
menyelesaikan pendidikan SMU pada tahun 2003. Melanjutkan pendidikan di
Universitas Sumatera Utara, Medan dengan mengambil jurusan Kesehatan Masyarakat. Saat ini aktif menulis di blog dan mengikuti
kursus bersertifikat Teach for Reach dari The Geneva Learning Foundation di
bidang Imunisasi. Selain itu menjadi anggota di Boost Leadership Program.
Memiliki kecintaaan terhadap kesehatan dan pendidikan. Saat ini aktif di gereja
sebagai guru sekolah minggu kelas Balita 1. Selain mengajar di sekolah saat ini
penulis aktif dalam kegiatan bahasa Inggris dari British Council
Indonesia, AISEI Writing Club batch 2 bersama Bu Rita Wati serta
ibadah ceria online. Email: dahlia.silitonga@ymail.com. No.WA:
08892554793 Blog: https://dahlia belajar menulis.blogspot.com.
Comments